Tips Mendapat Asuransi Kesehatan dengan Premi Murah

Semua orang zaman sekarang perhitungan banget soal uang. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. Sebisa mungkin kita mencari berbagai cara menghemat pengeluaran. Masuk akal jika sebagian besar kita mempertimbangkan memilih asuransi, khususnya asuransi kesehatan yang bisa memberi perlindungan finansial jika terjadi hal tak diinginkan.

Asuransi kesehatan memang kebutuhan dasar. Namun, ada banyak cara bisa dilakukan agar kita mendapat nilai terbaik dari asuransi yang dimiliki. Sama halnya seperti kita beli baju dari brand A atau B. Sama juga ketika kita memilih kartu operator si merah atau si kuning dengan tarif bersaing.

Asuransi Kesehatan dengan Premi Murah

Kita perlu memerhatikan besaran nilai premi dari asuransi yang harus dibayarkan, termasuk uang pertanggungan yang akan didapatkan. Pertimbangan matang memungkinkan kita mendapat keuntungan terbaik dari asuransi, yaitu premi terjangkau dan nilai pertanggungan besar.

Gimana caranya kita bisa mendapat asuransi kesehatan dengan premi murah? Baca terus pemaparan berikut ini.

1. Ajukan asuransi saat usia muda

Sebaiknya kita mengajukan asuransi kesehatan sedini mungkin. Ketika kita misalnya memilih asuransi jiwa saat usia masih muda, biasanya kita bisa mendapat keuntungan dari uang pertanggungan besar.

Berapa premi ideal yang kita bayarkan setiap bulan? Idealnya premi asuransi berkisar 5-10 persen dari total gaji. Misalnya nih, gaji kita Rp 4 juta per bulan, maka jumlah yang kita alokasikan untuk asuransi kesehatan lain di luar BPJS Kesehatan berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu per bulan.

asuransi kesehatan

Manfaat lain memiliki asuransi pada usia muda adalah biaya premi lebih murah. Calon peserta yang memiliki penyakit biasanya membayar premi lebih mahal.

Bukankah pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan? Artinya belilah asuransi ketika kita masih sehat. Jangan pas udah sakit baru sadar akan pentingnya perlindungan kesehatan.

2. Hindari asuransi seumur hidup

Asuransi yang menawarkan perlindungan seumur hidup biasanya memunyai keuntungan perlindungan tidak terbatas. Namun, ada kekurangannya loh. Preminya tinggi.

Oleh sebab itu jika kita mau memilih produk asuransi, pilih yang memberi perlindungan hingga usia tertentu, sesuai kebutuhan. Preminya jauh lebih murah.

3. Atur besaran premi sendiri

Pilih produk asuransi di mana kita bisa mengatur besaran premi sendiri. Ini membantu kita mendapat harga premi sesuai kemampuan.

asuransi kesehatan

Salah satu jenis asuransi yang bisa kita pilih dengan kelebihan ini adalah Flexi Critical Illness yang merupakan asuransi penyakit kritis dari I Love Life Astra. Asuransi ini menawarkan pengaturan premi, waktu pembayaran premi, uang pertanggungan, dan fleksibilitas waktu pembayaran.

4. Hubungi agen asuransi terpercaya

Mulailah dengan menghubungi perusahaan asuransi pilihan kita untuk menanyakan bagaimana agar kita bisa mendapat premi murah dan uang pertanggungan besar. Agen asuransi dari perusahaan asuransi berpengalaman pastinya detail dan jelas memaparkan semua.

Contohnya, kita ingin menghemat uang dengan menggabungkan asuransi kesehatan dengan BPJS Kesehatan. Tanyakan pada agen asuransi tersebut, mungkin atau tidak melakukannya?

5. Teliti memilih rider

Ada banyak produk asuransi menawarkan rider atau manfaat tambahan yang bisa kita pilih sendiri. Sebaiknya abaikan hal ini. Fokus saja ke tujuan awal kita memilih asuransi tersebut, misalnya untuk penyakit kritis.

Asuransi kesehatan murni tidak menggabungan beberapa manfaat dengan hal-hal di luar kesehatan. Kita perlu berpikir dua kali semisal ditawari asuransi kesehatan yang memberi manfaat tabungan masa depan, atau instrumen investasi lainnya.

Asuransi yang terlalu banyak menawarkan rider biasanya preminya lebih mahal. Jadi, teliti memilih rider ya.

Produk Asuransi Flexi Critical Illness

Flexi Critical Illnes atau Flexi CI Protection memberi perlindungan atas penyakit kritis utama yang paling banyak terjadi dan dialami penduduk Indonesia, yaitu stroke, serangan jantung, dan kanker. Harga preminya jelas terjangkau dan nilai perlindungannya besar, juga bisa diatur sendiri secara online.

Apa keunggulannya?

Flexi Critical Illnes dirancang sesuai kebutuhan kita. Ada lima keunggulan produk asuransi yang satu ini.

  • Perlindungan untuk penyakit kritis utama yang paling sering terjadi di Indonesia, yaitu stroke, serangan jantung, dan kanker mulai dari kanker tahap awal.
  • Sebanyak 50 persen dari uang pertanggungan akan dibayarkan saat kita terdiagnosa kanker tahap awal. Ini membantu kita dan keluarga menyiapkan dana untuk pengobatan.
  • Nilai perlindungannya mencapai dua miliar rupiah loh. Kita juga gak perlu cek medis. Prosedurnya 100 persen dilakukan secara online.
  • Preminya efisien karena dihitung berdasarkan risiko tahunan. Harganya lebih murah dari harga secangkir kopi yang kita beli per hari.
  • Komitmen tahunan dan otomatis diperpanjang sesuai kebutuhan hingga usia 85 tahun. Jadi, kita gak perlu repot daftar ulang setiap tahunnya.

Apa saja manfaatnya?

Flexi Critical Illnes yang jelas membantu kita mempersiapkan dana pengobatan jika kita atau pihak tertanggung tambahan (anak) didiagnosis kanker tahap awal, kanker, stroke, atau serangan jantung tahap lanjut. Ada dua manfaat utama produk asuransi yang satu ini.

Pertama, perlindungan penyakit kritis tahap awal (Early CI).

Astra Life akan membayarkan 50 persen uang pertanggungan jika kita terdiagnosa kanker tahap awal. Jika kita terdiagnosa kanker tahap awal pada organ tubuh berbeda, misalnya jantung dan hati, maka Astra Life akan membayarkan lagi 50 persen uang pertanggungan berikutnya.

Kedua, perlindungan untuk penyakit krisis tahap lanjut (Advanced CI).

Astra Life akan membayarkan 100 persen uang pertanggungan jika kita terdiagnosa kanker, stroke, atau serangan jantung tahap lanjut. Sekiranya kita sudah pernah melakukan klaim atas penyakit kanker tahap awal sebanyak satu kali, untuk klaim penyakit kritis tahap lanjut ini Astra Life tetap akan membayarkan 50 persen uang pertanggungan.

Berapa lama masa pertanggungan dan pembayarannya?

Perlindungan Flexi Critical Illnes aktif selama setahun dan otomatis diperpanjang setiap tahunnya sampai kita berusia 85 tahun. Kita bisa memilih frekuensi pembayaran premi kita sendiri, mau itu bulanan, kuartalan, semesteran, atau tahunan. Bebas.

Sekedar informasi, jauh lebih hemat jika kita memilih pembayaran tahunan. Biayanya setara didiskon dua bulan loh.

asuransi kesehatan

Premi murah mungkin faktor penting saat kita membeli asuransi kesehatan. Namun, jangan pula kita terlalu fokus pada preminya, tapi mengabaikan faktor lain, seperti proses klaim atau peringkat perusahaan asuransi yang menyediakan polis untuk kita.

Beli asuransi itu gak jauh beda dengan kita berinvestasi atau membelanjakan uang. Luangkan waktu untuk mencari referensi terbaik produk dan perusahaan asuransi kesehatan terbaik, seperti I Love Life Astra.

bundalogy

13 thoughts

  1. Saya memang kurang banyak tau tentang berbagai asuransi, yang umum-umum saja sih saya taunya.
    yang khusus seperti ini enak juga baca infonya.
    gak ribet yang asuransinya, preminya juga bisa diatur-atur…

    Like

  2. Aku masih bingung mbak apa sih bedanya asuransi dan tabungan, tapi setelah membaca tulisan ini saya sedikit mulai mengerti. Apalagi asuransi Flexi critical ini kayaknya bagus ya mbak

    Like

  3. Iya ya, asuransi yang perlindungannya seumur hidup biasa preminya tinggi, kalau mau yang murah pilih yang dengan batas waktu tertentu saja. Dan benar jika beli asuransi itu gak jauh beda dengan kita berinvestasi atau membelanjakan uang.Kita perlu meluangkan waktu untuk mencari referensi terbaik produk dan perusahaan asuransi kesehatan terbaik sehingga tidak salah pilih nanti.

    Like

  4. Banyak orang ingin punya asuransi, tapi memang seringkali terkendala dengan ketidakmampuan membayarkan premi. Memang asyik banget ya Uni, kalau bisa mengatur sendiri besarnya premi sesuai kemampuan kita. Tentunya manfaat juga menyesuaikan, ya. Dan ini ada ternyata ya di I Love Astra Life dengan program Flexi Critical Illnes-nya.

    Like

  5. Beberapa kali saya ikut asuransi, tapi saya sendiri maju mundur. Padahal manfaatnya kalo dipikir-pikir akan cukup besar saat saya memerlukannya nanti. Jadi mikir lagi nih mbak, kayaknya mau baca-baca tentang FCI ini. makasi infonya ya. (jendelamamak)

    Like

  6. Ternyata bisa juga ya premi asuransi diatur sendiri sesuai dengan kemampuan kita. Dulu beberapa kenalan memutuskan untuk berhenti dari asuransi karena ketidakmampuan membayar premi di tengah jalan.

    Like

  7. Harga premi Flexi Critical Illnes nya terjangkau ya, seharga secangkir kopi yang kita minum setiap harinya. Tp manfaatnya luar biasa apalagi untuk penyakit2 kritis ya, well noted, makasih Bunda Mae :*

    Like

  8. Lengkap.
    Di masa pandemi begini punya asuransi merupakan suatu kewajiban ya kan mbak. Kita gak tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari. Tips yang disajikan bermanfaat sekali. Poin 1 sampai 5 kudu bener bener diperhatikan.
    Thx infnya mbak

    Like

  9. Saya rasa asuransi kesehatan yang seperti ini cukup worth it untuk diperhitungkan ya mba. Karena ya kita perlu sih jaga jaga kayak gini kan gak tahu juga kita bakal kayak apa ke depannya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.