https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-8K50HN0MMT window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag(‘js’, new Date()); gtag(‘config’, ‘G-8K50HN0MMT’);

20 Ide Rayakan Ulang Tahun Pernikahan Ala Pasangan Milenial


Pasangan suami istri tentunya memiliki banyak hari bahagia yang layak untuk dirayakan. Ulang tahun pernikahan adalah satu dari sekian momen tersebut.

Ulang tahun pernikahan pertama selalu terasa istimewa. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, dua tahun pertama masa-masa paling seru sebagai pasangan suami istri.

Makan malam romantis di restoran, staycation di hotel, jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, beli cake yang ada tulisan Happy Wedding Anniversary-nya, lilinnya gak kelupaan. Pokoknya heboh deh. Kamu yang lagi baca pasti pernah melakukannya.

Begitu udah masuk tahun ketiga berumah tangga, tahun keempat, dan seterusnya, apalagi kalo sudah punya satu dua anak, perayaan ulang tahun pernikahan biasanya semakin selow. Bisa saling mengucapkan selamat diselingi ciuman mesra aja udah syukur banget ya. Tak jarang ada suami istri lupa saking sibuknya ngurusin yang lain. Saya pun pernah mengalaminya.

Meski demikian, bukan berarti ulang tahun pernikahan itu tidak perlu dirayakan loh. Pasangan milenial biasanya paling semangat cari ide buat perayaan romantis kayak gini.

20 Ide Rayakan Ulang Tahun Pernikahan Ala Pasangan Milenial

Artikel cara special merayakan ulang tahun pernikahan sudah banyak berseliweran. Rata-rata sih bermodal ya, alias harus ngeluarin cuan cukup banyak, ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Adakah ide atau cara merayakan ulang tahun pernikahan yang gak perlu mahal?

Ada dong, baca terus ya.

1. Kunjungi spot kencan pertama

Setelah melajang sekian purnama, akhirnya kamu berjumpa tambatan hati. Di mana sih kamu bertemu soulmate kamu pertama kali? Kemana sih kencana pertama kalian setelah jadian?

Rifki dan saya pertama kali bertemu di Facebook. Itu kenalan di dunia maya. Kalo di dunia nyata sih kami bertemu di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Waktu itu kami ya sama seperti anak muda lainnya, janjian, jalan-jalan keliling mall, makan bareng, main ice skating bareng.

Ada juga pasangan yang bertemu pertama kali di pesta nikahan teman, pas sahabat wisuda, pas traveling ke sebuah kota, sama-sama anggota klub baca, sama-sama ikut seminar, atau gak sengaja tabrakan di kampus kayak adegan di film-film FTV gitu deh.

Nah, kamu bisa bernostalgia napak tilas perjalanan cinta kalian pertama kali. Jika tempat nge-date-nya terlalu banyak, pilih salah satu yang paling memungkinkan untuk dikunjungi, dan tentunya gak terlalu membebani kantong, seperti harus beli tiket pesawat jutaan rupiah.

2. Piknik ke taman atau kebun raya

Taman atau kebun raya mungkin bukan tempat romantis untuk berkencan. Namun, penting buat diketahui ini adalah tempat terbuka, sehingga banyak aktivitas menyenangkan bisa kalian lakukan.

Kalian bisa piknik berdua, sementara anak-anak dititip dulu di rumah neneknya. Kalian juga bisa piknik membawa anak-anak, bermain bersama di kolam air mancur, tidur siang di bawah rindangnya pohon, makan siang dengan suasana sejuk dan pemandangan hijau.

3. Makan berdua di pinggir jalan

Siapa bilang cara special merayakan ulang tahun pernikahan dengan makan di restoran mewah? Makan di pinggir jalan juga gak kalah romantis loh.

Di Jakarta, Kawasan Kuliner Benhil, dan Kawasan Kuliner Sabang bisa menjadi alternatif makan malam romantis bersama pasangan. Ada banyak menu murah meriah, seperti sate kambing, sate ayam, sate sapi, soto ceker, mie aceh, nasi goreng, seafood, macam-macam deh. Di daerah kamu juga pasti ada tuh.

Kalian bisa membuka pembicaraan dengan membahas makanan yang sedang dimakan, kemudian lanjut bernostalgia dengan kenangan masa lalu.

4. Nonton film romantis

Coba cek, ada film romantis apa yang rilis di bioskop hari ini? Bisa tuh ditonton berdua pas hari ulang tahun pernikahan.

Malas ke bioskop? Ya udah, beli film aja di Netflix, Iflix, atau Catchplay. Saya suka opsi ini. Cuma bayar Rp 20-25 ribu doang kita bisa nonton film romantis apa saja yang kita mau. Jangan lupa siapin camilan di depan TV, bisa lewat layanan food delivery. Lebih irit.

Februari 2020 ini ada beberapa film romantis Indonesia dan barat yang bagus untuk ditonton. Beberapa judul menarik adalah Milea (Suara dari Dilan), Nikah Yuk, dan Little Women.

Mau nonton film romantis jadul juga boleh banget. Dulu saya paling suka film-film berbau pernikahan, seperti 27 Dresses, Bride Wars, Father of Bride, My Best Friendโ€™s Wedding, Rachel Getting Married, Bridesmaids, banyak lagi deh.

5. Coffee date

Coffee date gak cuma cocok buat pasangan yang masih pacaran atau baru pertama kenalan loh. Coffee date juga cocok buat pasangan yang ingin merayakan ulang tahun pernikahan. Syaratnya adalah dua-duanya harus suka kopi.

Rifki dan saya pernah coffee date di Excelso Coffee, Bandara Soekarno Hatta, sambil nunggu flight  Rifki ke Kupang. Waktu itu kayaknya Rifki asal ngajak doang deh. Dia narik saya ke dalam kafe, kemudian pesan kopi espresso yang murni dan kental. Padahal tuh ya, Rifki gak suka kopi.

Akibatnya apa? Si mas langsung mengernyit dan gak suka sama rasa pahit di kopi itu. Ujung-ujungnya dia cuma makan chocolate cake doang dan kopinya malah saya yang habiskan.

Sambil minum kopi, kalian bisa berbicara dari hati ke hati, saling menatap satu sama lain, dan tentu saja gak lupa menghabiskan kopinya. Jangan dibiarin dingin euy.

Coffee date konsepnya gak melulu harus pergi berdua ke coffee shop. Kamu bisa menyajikan secangkir kopi sebagai kejutan buat suami yang baru bangun pagi. Bawa kopinya ke tempat tidur, sama sarapannya sekalian kalo bisa.

Hal serupa bisa dilakukan suami terhadap istri. Ya, tinggal lihat siapa yang berinisiatif duluan.

Rasa cinta itu bisa diciptakan di mana saja, mau itu di pinggir jalan, di pantai, di restoran, di bioskop, di luar kota, di luar negeri, atau ya cukup di kamar tidur dengan memberi kejutan kecil, seperti serve coffee in bed di pagi hari.

6. Lihat sunset ke pantai

Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke pasti ada pantainya. Manfaatkan dong buat merayakan ulang tahun pernikahan yang murah meriah, namun super romantis. Kamu bisa ajak pasangan ke pantai sore hari menanti matahari terbenam (sunset).

Jika perlu, cari pantai yang masih perawan alias belum banyak pengunjungnya. Kamu bisa bawa langsung mobil atau motormu ke pinggir pantai. Adegan selanjutnya ya bisa deh nyontek film-film Korea, mulai dari pegangan tangan berdua, kejar-kejaran di pantai, main ombak, trus ada yang kedinginan menunggu pasangan memakaikan jaket ke pasangannya. So sweet banget kan?

7. Mancing berdua

Kalo gak bisa sewa yacht, speedboat, perahu jukung, atau kano buat pasangan, ya udah mancing di danau atau kolam aja. Ini gak kalah asik kok buat merayakan ulang tahun pernikahan. Yang bahaya itu kalo kalian memancing keributan satu sama lain, ditambah ungkit-ungkit kesalahan di masa lalu. Nah, itu yang gak boleh.

Ada banyak tempat wisata kolam pancing di Indonesia. Di Denpasar misalnya, Rifki paling sering mengajak saya ke D’Tukad di Desa Wisata Budaya Kertalangu. Sambil menunggu ikan masuk umpan, kalian punya banyak waktu untuk ngobrol dari hati ke hati dan bernostalgia dengan masa lalu.

Aktivitas memancing itu juga melatih kesabaran loh, khususnya kesabaran suami menghadapi istri. Bapak-bapak harus tahu bahwa perempuan itu hanya butuh didengarkan. Jadi, jangan marah kalo istri suka cerewet atau ngomel. Jika tak berkenan, masuk telinga kanan keluar telinga kiri aja.

“Ya Allah, beri aku kesabaran lebih buat ngadepin suami/ istriku.”

Ayo, siapa yang pernah berdoa seperti itu? Bisa jadi momennya pas suami sering terlambat ke kantor hanya karena kelamaan menunggu istrinya dandan. Bisa jadi momennya pas istri menemukan celana dalam, singlet, baju kotor, dan handuk suami berceceran di lantai kamar, bukannya di keranjang cucian.

Saat kita terbiasa bersabar di luar rumah, misalnya sabar menunggu antrean bank, sabar menunggu antrean McD pas drive-thru, sabar belajar ngeblog, termasuk sabar saat memancing maka kita akan membawa kebiasaan baik tersebut hingga ke dalam rumah. Kita harus belajar sabar dengan semua orang, termasuk dengan diri kita sendiri.

8. Kirim puisi atau lagu cinta lewat radio

Kamu mungkin bingung mencari cara romantis untuk mengungkapkan sayang kepada pasangan di hari ulang tahun pernikahan. Kenapa tidak kirim puisi atau lagu cinta lewat radio?

Ini mah nyaris gak ada modal, cuma kirim pesan via whatsapp atau Twitter ke radio favorit kalian berdua. Momennya macam-macam, misalnya waktu pasangan lagi nyetir mobil ke tempat kerja, waktu istri lagi masak di rumah, atau waktu istri baru bangun tidur.

Syaratnya adalah pasangan kalian harus jadi anak radio, alias hobi banget mendengarkan cuap-cuap penyiar atau lagu di radio. Kamu bisa mengungkapkan cinta di jam siaran favorit pasanganmu. Minta tolong penyiarnya juga boleh kok, pasti dibantuin.

9. Bikin foto pasangan atau foto keluarga

Kayaknya jarang banget ya pasangan milenial yang pajang frame foto berdua, apalagi foto resmi di rumah. Seringnya foto-foto selfie, itu pun cuma diposting di Instagram or Facebook.

Kenapa gak mencobanya? Kamu bisa mengajak pasangan berkunjung ke studio foto untuk membuat foto pasangan, berdua atau bersama anak. Jika bujet gak sampai, ya bisa kok minta tolong teman atau saudara yang jago fotografi buat mengabadikan momen indah kalian di hari spesial. Lokasinya bisa indoor atau outdoor.

10. Main video games

Apakah kalian pasangan gamers? Cocok nih merayakan ulang tahun pernikahan dengan main video games bareng. Kalian tinggal siapin camilan enak, minuman segar, televisi lebar, dan tentu saja senyum gak kalah lebar.

Sepakati games apa yang hendak dimainkan dan buat aturan menarik, misalnya yang kalah harus inisiatif duluan mencium pasangan minimal 10 kali sehari selama seminggu, kalo perlu selamanya.

11. Makan malam romantis di rumah

Rumah pun bisa disulap menjadi restoran bintang lima di hari ulang tahun pernikahan. Manjakan suami atau istri tersayang dengan ide makan malam romantis ini.

Memasak untuk pasangan termasuk cara sederhana menunjukkan betapa kamu mencintainya. Ditambah lagi, dompetmu bakal tersenyum gembira karena lebih hemat masak sendiri di rumah ketimbang pergi makan ke restoran bintang tiga apalagi bintang lima.

Suasana semakin romantis mana kala aktivitas memasak dilakukan bersama. Istri bisa bikin menu utama, sementara suami bisa mengupas buah, menata meja, dan menyiapkan piring makan. Nikmati kebersamaan ini dengan senyuman dan pujian sayang satu sama lain.

12. Bikin baju atau aksesoris couple

Zaman sekarang takut dibilang alay? Hey, ini eranya kita bebas berekspresi. Mama papa mertua saya saja gak gengsi tuh nunjukin kemesraan mereka di depan anak-anaknya. Padahal udah jadi aki dan nini loh.

Pasangan suami istri itu, mau pasangan muda atau pasangan tua tetap memiliki satu atau dua kesamaan. Gak ada tuh yang 180 derajat benar-benar beda selera. Ide bikin baju couple, pake gelang samaan, pake tas samaan, atau minimal baju tidur kembar deh cukup layak direalisasikan.

Kamu bisa menunjukkan cinta pada pasangan dengan membuat baju couple tren mode terbaru. Mau norak sekalian? Siapa takut. Sablon puisi cintamu untuknya di baju itu.

Kalo pasangan kamu benar-benar cinta, dia gak bakal malu buat pakai baju samaan di tengah keramaian. Ya, walaupun harus sedikit dipaksa sih. Hehehe.

Gak mau baju yang tulisannya aneh-aneh? Ya minimal beli kemeja dengan warna samaan, atau senada. Pak suami tetap gak mau juga? Yo wes, cari ide lain aja. Saya punya 20 ide toh di tulisan ini?

13. Pergi karaoke berdua

Senangnya jika punya pasangan yang sama-sama hobi nyanyi. Kencan ke tempat karaoke bisa menjadi pilihan cerdas merayakan ulang tahun pernikahan. Satu atau dua jam saja cukup kok.

Biar hemat waktu, kamu bisa membuat daftar lagu kesukaanmu, lagu kesukaan pasanganmu, atau lagu kenangan kalian berdua. Jangan lupa lagu duet yang romantis ya.

14. Nostalgia dengan album atau video pernikahan

Jarang banget zaman sekarang pasangan milenial gak punya foto dan video pernikahan. Minimal video Instastory atau Facebook Live pasti ada lah. Nah, jangan lupa disimpan ya, buat ditonton ulang di lain waktu, misalnya saat ulang tahun pernikahan.

Kenangan masa lalu bisa meningkatkan suasana hati karena membawa kembali kenangan manis saat baru menikah. Saat pasangan saling memvisualisasikan kenangan lama, biasanya akan terselip pahit manis cerita, namun pada akhirnya kenangan indah jua yang selalu bertahta. Cieee.

Aturan mainnya gimana? Tunjuk sebuah foto dan mulai ungkapkan kenangan yang menyertai foto tersebut versi kamu. Setelah kamu selesai, gantian, minta pasanganmu menunjuk foto lain dan menceritakan kenangan versi dia.

Foto bisa menyatukan memori dan mengembalikan kembali rasa yang pernah ada. Bukan cuma rasa Indomie goreng aja yang awet sejak dahulu kala. Rasa cintamu pada pasangan harusnya juga sama awet dan sama enaknya seperti Indomie.

Kenangan manis pernikahan mengingatkan suami istri alasan mencintai satu sama lain, apa yang kamu suka darinya, apa yang membuatmu berani melamar atau menerima lamarannya. Dijamin deh kalian akan tersenyum, tertawa saat mengingat kalian sampai saat ini masih bersama.

15. Jogging, sepedaan, atau nge-gym bareng

Kapan terakhir kali kalian olah raga bareng? Sebagian menjawab rutin kok tiap minggu, sebagian lagi menjawab udah lupa tuh! Menikah itu tujuannya pasti ingin hidup bahagia toh? Salah satu indikator pasangan bahagia adalah pasangan yang hidup sehat dan menua bersama.

Saya pernah baca sebuah penelitian di University College London menyebutkan menikah menurunkan risiko pasangan terkena kanker. Peluang umur lebih panjang meningkat 10-15 persen setelah menikah. Syaratnya nikahnya harus dasar cinta, bukan dipaksa kayak Siti Nurbaya.

Meski umur urusan Tuhan, tapi yang namanya manusia kita harus berusaha kan? Olah raga bareng bisa menjadi alternatif merayakan ulang tahun pernikahan yang bermanfaat. Kamu bisa mengajak suami atau istri jogging bareng, sepedaan bareng, atau nge-gym bareng.

Percaya deh! Jika di hari biasa kamu cuma kuat lari maksimal 1 km, dengan lari bersama pasangan tanpa disadari kamu bisa melampaui jarak di atas 2 km. Hebat kan? Asal jangan lari dari kenyataan hidup ya.

16. Jalan-jalan ke kebun binatang atau pasar malam

Gak ada kata bosan jalan-jalan ke kebun binatang. Ada banyak jenis hewan yang bisa jadi bahan pembicaraan dan pembahasan. So, perayaan ulang tahun pernikahan jadi gak garing deh.

Awalnya boleh saja membuka pembicaraan dengan membahas gajah, gorila, burung-burung cantik, atau buaya. Ujung-ujungnya percakapan bisa diarahkan tentang hubungan asmara kalian sebagai suami istri. Mau gombalin istri juga boleh kok. Bebas, gak bakal ada yang dengar, kecuali monyet yang bergoyang.

Pasar malam biasanya menjadi hajatan rutin di beberapa daerah. Jika kebetulan ada pasar malam di kotamu, dan bertepatan dengan hari ulang tahun pernikahanmu, gak ada salahnya datang ke sini.

Hiburan malam ala pasar malam gak kalah menarik loh. Kalian bisa menikmati musik-musik gak biasa, seperti dangdut koplo. Kalian juga bisa menyaksikan penampilan live music ala pengamen jalanan, bisa request lagu juga loh.

Pasar malam penuh suasana gembira, sehingga menjadi salah satu tempat sempurna merayakan hari bahagia.

17. Tulis cerpen cerita cinta berdua

Kamu sosok yang puitis, hobi nulis, bloger, jurnalis, atau penulis buku? Wah, pas banget kalo kamu menghadiahkan pasangan dengan sebuah cerpen cerita cinta tentang kalian berdua. Saya pernah memberikan sebuah cerpen sederhana berjudul When I Met You kepada Rifki sebagai hadiah pertunangan kami.

Pertama kali Rifki membaca coretan saya waktu itu, katanya sih dia terharu dan tersanjung banget. Mama malah bilang Rifki menangis bahagia. Eaaa. Berkesan banget kan?

18. Bikin kumpulan lagu kenangan

Pasangan milenial tentunya hobi dengerin musik dong. Jarang banget anak milenial yang gak suka sama musik.

Kamu bisa mengumpulkan koleksi 20 lagu kenangan ala kalian dalam sebuah CD atau VCD. Jangan lupa kasih cover khusus dengan gambar atau tulisan unik.

Kok masih pake cara jadul sih? Emang masih ada ya CD atau VCD? Justru cara jadul itu mahal dan selalu dikenang. Buktinya, saya udah 32 tahun tapi tetap cinta mati sama ABBA dan Sheila On 7.

19. Tahajud bareng

Duh, pasangan surga banget ini, masya Allah. Eh tapi ini benar loh. Tahajud bareng sebagai pasangan suami istri itu memperbesar peluang doa-doa kita diijabah sama Allah SWT.

Bukankah Allah menyukai pernikahan, terutama pernikahan  sakinah, mawadah, warahmah. So, wake up! Bangunkan pasanganmu, ambil wudhu, shalat, dan doa bareng.

20. Selesaikan dengan kebersamaan romantis

Kemesraan ini janganlah cepat berlalu. Eaaa, jadi nyanyi deh. Setelah kamu memilih satu atau beberapa opsi dari 19 opsi di atas, jangan lupa mengakhiri perayaan dengan kebersamaan yang suuuuuuโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆper romantis. Apalagi kalau bukan ………….tiiiiiiittttttt…………..disensor.

Oke deh, segitu aja ide merayakan ulang tahun pernikahan gak perlu mahal ala pasangan milenial. Saya yakin kamu punya ide lain yang lebih seru dan lebih unik. Sharing di kolom komentar ya?


17 responses to “20 Ide Rayakan Ulang Tahun Pernikahan Ala Pasangan Milenial”

  1. Kalau kami, selama ini naik gunung saja Mbak. Memang beda dari yg lain pastinya. Tapi justru itu keunikan kami. Hehehe….
    Semoga sehat selalu, rencana 5April nanti, pernikahan kami ke 8, kami mau naik Gede Pangrango. Sekaligus bawa anak dan reuni sama teman pendaki dari Kerinci
    Mohon doanya semu lancar. Amin…

    Like

  2. MasyAllah mba, romantis banget sih idenya. Bikin aku gimanaaaa gitu. Pengen banget kayak gtu, tapi sayangnya suami tipe yang ga enak dan nggak ngerasa nyaman kalau pergi ga bawa anak. Padahal kan aku pengen juga kencan berdua hahaha ๐Ÿ˜‚

    Like

  3. Masya Allah…. idenya sungguh brilian dan out of the box, Mbaaa ๐Ÿ™‚
    Aku pengin bgt umroh bareng suami pas anniversary, tapi yaahhh belum bisa di tahun ini ๐Ÿ™‚
    Moga2 th depan aamiin aamiiin

    Like

  4. Kaum milenial… kaum yang kreatif. Kaum yang membebaskan imaji agar bsa memberi kesan dan berkesan. Karena zaman milenial itu peristiwa berkesan bisa terjadi kapan saja.
    Wah, kenapa simpulan saya begini, ya? Hihihi

    Like

  5. Karena sudah punya anak, jadi kalo kemana mana gak ngajak anak, berasa ada yang kurang saya Mbak. Gak tenang pikiran.

    Thank tipznya. Semoga rumah tangga kita semua selalu langgeng dalam kebahagiaan.

    Like

  6. Good idea deh ini mba, kalo aku kok sukanya yang bernuansa pantai yaa, lebih syahdu romantis rasanya. Enak menatap sunset bareng sambil menatap masa depan bersama. Sahelah.

    Like

  7. Noted, kutandain memang ini blog keren abis sih, ide-idenya itu lho makasih mbak bisa nih buat merefresh pernikahan lama. hahahaha no 18 sih udah, diterbitin dalam bentuk antologi dan dapat uang pulak (matre .. Matre kisah cinta diumbar wkwkwk)

    Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.