https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-8K50HN0MMT window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag(‘js’, new Date()); gtag(‘config’, ‘G-8K50HN0MMT’);

Jadi Emak Bloger Berpenghasilan Lewat Vira.id


Halo! Apakah kamu seorang full-time mom dan gak tahu cara menghasilkan uang dari rumah? Sama dong seperti saya, tapi DULU.

Saya ini gak bakat jualan karena gak telaten sama sekali. Cek-in pesan masuk satu per satu, catat pesanan, cek stok barang, dan sebagainya. Meski saya orang Padang, saya gak punya bakat dagang, mau itu offline atau online.

Satu-satunya yang saya suka adalah menulis dan menyuluh. Yups, hampir satu dekade saya berprofesi sebagai jurnalis di salah satu media nasional di Jakarta. Sebelum terjun ke dunia jurnalistik, saya pernah bekerja di rektorat IPB bagian pengembangan wisata kampus, lagi-lagi kerjaannya adalah edukasi, promosi dan publikasi.

Mau jadi penyuluh, kerja di LSM atau NGO asing lagi? Gak mungkin. Kaki tangan saya udah kayak dirantai di rumah dengan kehadiran satu batita dan dua bayi kembar. Mau gak mau saya harus cari cara gimana supaya bakat menulis saya bisa menghasilkan uang dari rumah dengan memberdayakan blog saya https://muthebogara.blog/

Alhamdulillah dari postingan seorang teman di Jogja, saya bergabung dengan sebuah grup content writer. Dari sana saya baru tahu bahwa menjadi bloger itu bisa menghasilkan uang.

Kok baru tahu? Bukannya udah nge-blog sejak 2014?

Iya, saya akui, saya pun mengasihani diri saya sendiri. Hehehe.

Sekiranya saya mengenal jauh dunia blogosphere ini sejak lama, tentu saya bisa mempunyai dua sumber penghasilan sejak 2014. Meski demikian, ibarat kata pepatah lama, lebih baik terlambat dari pada tidak.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Blog Supaya Enak Dibaca

Along the way saya belajar banyak hal, mulai dari upgrade blog, ngedandani blog, mengenal SEO (Search Engine Optimization), rajin posting tulisan, daftar ke berbagai platform atau situs menghasilkan uang ala bloger.

Ada banyak cara bloger menghasilkan uang, mulai dari content placement, content writing, menjadi ghost writer, menjadi penulis kontributor, atau dari iklan blog di Google Adsense. Alhamdulillah pelan-pelan saya mencoba semuanya.

Saya gak akan bahas hal-hal di atas secara mendetail karena saya yakin udah banyak sekali informasinya berseliweran di dunia maya. Bloger-bloger yang lebih senior juga udah banyak membahasnya.

Kali ini saya ingin membahas platform atau situs menghasilkan uang lewat blog yang tentunya menjanjikan banget untuk emak bloger seperti saya.

Jadi Publisher di Vira.id

Banyak sekali situs menghasilkan uang lewat blog. Beberapa yang sudah saya coba adalah Vira, Sosiago, Tellscore, Allstars, Jawalink, Raja Backlink, dan Projects.co.id.

platform blog

Pada dasarnya nama-nama di atas adalah platform yang menghubungkan sebuah brand atau advertiser dengan influencer. Nah, influencer itu bukan cuma vloger, youtuber, atau seleb Instagram doang loh. Bloger pun masuk ke dalam kategori influencer.

Kenapa sih advertiser mau pasang iklan di blog?

Banyak keuntungan yang mereka peroleh, di antaranya membangun backlink demi meningkatkan performa sebuah brand di mesin pencarian (search engine), merilis produk atau layanan terbaru, mendapatkan banyak buzzer untuk mempromosikan website mereka, mendapatkan umpan balik yang jujur dari netizen, serta mendapatkan audiens yang tertarget.

Saya kenal Vira dari teman saya yang juga bloger, Mba Rinie (pemilik blog celotehdinihari.com). Sampai sekarang Mba Rinie ini dijuluki Queen of Vira. Hahaha. Makasih yaa Mba Rinie.

Lebih dari 700 publisher dan 3.300 blog terverifikasi sebagai pihak yang bekerja sama dengan Vira. Vira juga mencatat payout lebih dari Rp 1 miliar sejak dibentuk 2018.

Cara Kerja Vira

Hal pertama yang harus kita lakukan tentu saja mendaftar sebagai publisher di https://vira.id/ Tunggu email balasan yang menyatakan blog kita telah disetujui. Biasanya tahap review pertama ini memakan waktu 1×24 jam.

Setelah lulus tahap pertama, maka kita masih harus menunggu review tahap kedua. Saya pribadi menunggu konfirmasi kedua ini hampir 10 hari hingga terverifikasi sebagai salah satu publisher Vira.

Vira menerima kerja sama dengan bloger dalam bentuk content writer dan content placement. Kalo cara kerja content placement udah pada tahu kan ya? Pengiklan biasanya sudah menyiapkan naskah, dan kita tinggal re-post naskah tersebut di blog kita.

Nah, kalo content writing mengharuskan bloger menulis artikel dengan keyword atau kata kunci tertentu. Kisaran naskahnya rata-rata 500-700 kata.

Sistem penawaran Vira ini unik. Ada dua cara, yaitu lewat email dan lewat dashboard akun Vira. Cara pertama, admin biasanya akan mengirimkan email dan menawarkan sejumlah brand atau produk yang relevan dengan blog kita.

Misalnya nih, berhubung niche blog saya adalah Parenting & Family Lifestyle, saya pernah mendapat job menulis untuk Hotel Aryaduta, Pepsodent, Rexona, Rinso, Maybank, Batiqa Hotel, Dancow, dan lainnya.

Klien Vira ini gak main-main loh. Brand-nya keren-keren, misalnya saja Pepsodent, SGM, Dancow, Rexona, Aryaduta Hotel Resort, HSBC, CIMB, Lifebuoy, Yamaha, Toyota, Sariwangi, macem-macem deh pokoknya.

vira

Jika berminat, kita ajukan penawaran atas proyek tersebut. Caranya, buka dashboard Vira akun kita, kemudian pada bagian SPONSORED CONTENT klik FIND A JOB, pilih pekerjaan yang diminati, kemudian klik BID NOW, kemudian akan keluar tabel seperti gambar di bawah ini.

vira

Pada kolom select your blog, kita pilih link url blog kita yang telah diverifikasi Vira sebelumnya. Jika kita sudah mendaftar dan akun kita sudah diverifikasi, maka link blog kita akan muncul sendiri. Jika belum muncul, berarti blog kita masih dalam tahap di-review.

Setelah tabel di atas diisi, kita menunggu beberapa hari untuk mengetahui apakah penawaran kita di-approve atau tidak oleh pengiklan. Jika disetujui, kita akan menerima email seperti di bawah ini.

vira.id

Vira hanyalah perantara pengiklan dan bloger. Pengiklan yang akan memilih apakah mereka tertarik untuk menyisipkan backlink website dan produknya di blog kita.

Kerjakan tugas sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Perhatikan kata kunci, backlink yang akan disisipkan di kata kunci, dan tenggat waktu pengerjaan tulisan. Biasanya Vira memberikan waktu 3-5 hari untuk menyelesaikan satu tulisan.

Setelah tulisan selesai, SUBMIT link blog kita di SPONSORED CONTENT bagian MY JOBS, kemudian tunggu lagi beberapa hari sampai status tulisan berubah dari WAITING REVIEW menjadi FINISHED.

vira.id

Jika ada tulisan kita yang kurang disukai klien, biasanya status menjadi DECLINED atau Vira memberi waktu bloger melakukan perbaikan.

Begitu tulisan selesai, saldo kita di Vira akan bertambah otomatis sesuai harga yang tertera di awal.

Vira tidak memberlakukan syarat minimal untuk payout. Jika kita ingin menarik saldo di rekening Vira, isi form yang tersedia di bagian REQUEST PAYOUT dan tunggu pencairan berhasil diproses. Saya sudah dua kali melakukan payout di Vira dan proses pencairan biasanya berhasil kurang dari 14 hari.

Bukan Blog Abal-Abal

Vira menyukai blog yang kaya akan tulisan organik. Artinya, blog yang terverifikasi di Vira bukan blog abal-abal, bukan blog yang semua konten tulisannya berbayar alias blog iklan.

Tim Vira melakukan re-check berkala terhadap semua blog yang sudah terdaftar. Fokus Vira ke depan adalah untuk content amplification, bukan sekadar link acquisition untuk SEO.

Vira akan menghilangkan dari daftar publisher-nya blog-blog yang hanya fokus jualan link dengan tiga indikasi utama, yaitu:

  • Setiap post yang diterbitkan adalah link placement
  • Tidak ada interaksi dengan pembaca di dalam blog
  • Desain dan tampilan blog terkesan monoton dan tidak menarik

Bloger yang rajin posting tulisan organik biasanya lebih sering menerima job dari Vira. Tulisan di Vira dihargai Rp 93 ribu (ini rata-rata minimal) hingga di atas Rp 200 ribu per tulisan.

Buat emak rumahan yang cuma modal nulis 500-700 kata, dihargai segitu udah alhamdulillah banget yaaa. Kalikan saja delapan tulisan per bulan, emak udah mengantongi Rp 744 ribu modal jari doang.

Itu baru dari satu platform dan satu blog loh. Jika emak mendaftarkan 2-3 blog di Vira, atau emak bisa nulis di platform selain Vira, uang yang diperoleh bisa lebih banyak lagi. Kalikan saja sendiri.

Perlu digarisbawahi ya mak, ini adalah cara cerdas menghasilkan uang, bukan cara cepat menghasilkan uang ala bloger. Bagaimanapun, membangun blog itu adalah perjuangan. Gak cuma daftar di blog gratisan, trus langsung bisa ikut lomba blog atau ikut daftar di platform seperti Vira.

Makanya saya menganggap blog itu adalah investasi. Kita harus menghasilkan konten atau tulisan yang memenuhi kebutuhan pembaca, konten yang unik alias bukan cuma modal re-write trus posting. Jadi bloger ternyata gak gampang, tapi asik banget jika kita suka dan jalani.

BOOM!

Sekian sekilas ulasan singkat dari saya tentang Vira. Saya mendedikasikan tulisan ini untuk Vira yang karena keberadaannya, emak-emak bloger seperti saya bisa berpenghasilan lebih dari hobinya.

Percayalah mak, you can make money from your hobbies anywhere you have an internet connection. Start a blog and dream your dreams!


16 responses to “Jadi Emak Bloger Berpenghasilan Lewat Vira.id”

  1. sudah hampir satu bulan saya belum terima cashout, padahal pembayaran pertama, ada 700k lumayan buat kebutuhan dikala pandemi kek sekarang, mana udah kontak support gak ada respon, duh gimana nih mbak.

    Like

  2. Oh iya,,,disaya minimal payoutnya 300ribu mak,,,dan baru tau juga ternyata paling tidak 14 hari ya proses payoutnya,,,pantesan ditungguin lama,,,udah 10 hari nunggu gk datang datang transferannya wkwkwk

    Like

  3. Memang kalau baru saja tahu wajar juga kok Mbak. Kan Vira juga baru ada tahun 2018 kalau nggak salah. Saya sih baru gabung tahun 2020 awal. Juga gabung sosiago. Kalau mau menang bid, biasanya blog utama kita, yang paling terawat sering menang. Tetapi, sering klien yang sama kemarin pilih kita lagi tapi dengan blog yang lain.

    Like

    • Vira.id senang sama blog2 yg banyak tulisan organiknya dan blognya rapi. So, kalo mau banyak dapat job dari Vira, rajin juga update tulisan organiknya. Jangan sponsored post melulu. Hehehe.

      Like

  4. Terima kasih informasinya Mba. sangat bermanfaat unutk blogger pendatang baru seperti saya. Maaf Mba, untuk mengisi profil di Vira harus pakai bahsa Inggris atau boleh bahasa Indonesia?

    Like

  5. bagus kak! oh iya kak, aku mau nanya… kan saya ingin menciptakan sebuah bIog, baiknya pakai web apa? saya hanya tahu bIogger.com dan worpress. tapi saya mash ragu menggunakan yg mana

    Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.