https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-8K50HN0MMT window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag(‘js’, new Date()); gtag(‘config’, ‘G-8K50HN0MMT’);

Oli Mobil Terbaik Fastron Sempurnakan Gaya Hidup Milenial


Oli mobil terbaik itu bagaikan darah dalam tubuh manusia. Ia adalah penyambung nyawa mesin supaya tetap berfungsi optimal menyalurkan nutrisi, tenaga, dan energi ke roda-roda kendaraan.

Mesin dan oli ibarat pasangan sejoli, Romi dan Yuli. Keduanya tak dapat dipisahkan dan ditakdirkan untuk terus bersama.

Oli mobil banyak jenis dan peruntukannya, mulai dari oli mesin, oli transmisi, oli rem, hingga oli power steering. Pertamina Lubricants melalui brand utamanya, Fastron menyajikan sederet produk pelumas yang bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan kendaraan.

Pertamina Fastron adalah pelumas mesin kendaraan karya anak bangsa yang kualitasnya tak hanya diakui dalam negeri, tapi juga luar negeri loh. Fastron juga tak mau ketinggalan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan gaya hidup milenial masa kini.

Ngomong-ngomong soal generasi milenial, banyak dari mereka kini semakin berdaya dengan penghasilan di atas rata-rata. Kaum milenial mampu membeli kendaraan sendiri, khususnya mobil pada usia muda.

Namun, apakah mereka semua mengerti soal mobil dan pelumas mesin mobil? Jawabannya, tidak semua.

DAFTAR OLI MOBIL TERBAIK FASTRON

Gaes, jangan sembarangan pilih oli mobil!

Sebagai generasi milenial yang melek informasi digital, kita perlu banyak mencari tahu dan tak boleh asal pilih oli mobil hanya berdasarkan rekomendasi bengkel nonresmi, bertanya pada sembarang orang, apalagi bereksperimen sendiri.

Beli oli mobil juga tidak boleh berpatokan pada harga semata. Ada anggapan bahwa semakin mahal harga pelumas, semakin bagus untuk mobil. Ini salah kaprah. Oli mahal belum tentu sesuai dengan spesifikasi mesin mobil kita.

Nah, berikut daftar beberapa varian oli mobil terbaik dari Pertamina Fastron yang penting untuk kita ketahui.

1. Fastron Gold Oil

Ini adalah oli Fastron pertama yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif-aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja API tertinggi. Oli ini cocok untuk mobil-mobil berkelas, seperti BMW, Mercedes Benz, VW, dan Porsche.

Ada tiga tipe oli Fastron Gold, yaitu SAE 0W-20, SAE 5W-30, dan SAE 5W-40. Harga oli mobil Fastron masuk kategori terjangkau dan menjadi salah satu alternatif pilihan oli mobil terbaik yang ramah di kantong.

2. Fastron Platinum Racing Oil

Fastron Platinum Racing adalah pelumas mesin kendaraan bensin premium yang diformulasikan khusus bekerja sama dengan Lamborghini Squadra Corse. Yups, minyak pelumas ini dikhususkan untuk mobil balap dan sangat unggul di kelasnya.

Bahan dasarnya full sintetik Polyalphaolefin atau PAO. Selain Lamborghini, pelumas ini bisa digunakan untuk Ferarri. Harga oli mobil Fastron Platinum Racing isian 1L dibanderol Rp 285 ribu. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu menyesuaikan harga pasar.

3. Fastron Platinum Oil

Pelumas mesin kualitas premium ini diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja API tertinggi. Fastron Platinum hanya tersedia jenis SAE 0W-40 dan direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem.

4. Fastron Techno Oil

Fastron Techno adalah oli berkualitas tinggi yang dibuat untuk kendaraan dengan kebutuhan khusus. Oli ini memiliki tiga varian.

Pertama, SAE 10W-30 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem.

Kedua, SAE 10W-40 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang menyaratkan pelumas dengan kadar SAPS (Solfated Ash, Posphorus, and Sulphur) rendah.

Ketiga, SAE 15W-50 direkomendasikan untuk kendaraan mesin bensin modern yang dilengkapi sistem direct injection dan multikatup.

5. Fastron Eco Green

Ini adalah keluarga terbaru Fastron yang baru saja diluncurkan September 2019, tepatnya saat Hari Ulang Tahun (HUT) keenam Pertamina Lubricants.

Fastron Eco Green menjawab tantangan pesatnya penjualan low cost green car (LCGC) di Indonesia. Pelumas ini diformulasikan menggunakan aditif yang lebih unggul dalam menjaga kestabilan kekentalan, sehingga lebih baik melindungi mesin.

Fastron Eco Green tersedia dalam ukuran 3,5 liter dengan dua spesifikasi, yaitu 0W-20 API SN dan 5W-30 API SN ILSAC GF 5. Masing-masingnya dibanderol dengan harga Rp 250 ribu dan Rp 235 ribu.

PERTAMINA FASTRON DAN GAYA HIDUP MILENIAL

Pertamina Fastron menghadirkan produk pelumas yang menyempurnakan gaya hidup milenial.

Berbagai cara dilakukan untuk mendekatkan diri dengan Generasi-Y ini, mulai dari meluncurkan aplikasi pintar untuk referensi oli terbaik, menjadi technical partner pabrikan supercar dunia, memproduksi oli mobil ramah lingkungan, digitalisasi Olimart, hingga memanjakan pelanggan di berbagai event kreatif.

1. Referensi oli terbaik dari Dr Lube

Nah, supaya generasi milenial yang serba digital tidak buta urusan teknis per-oli-an, Fastron memperkenalkan Dr Lube. Ini adalah aplikasi yang memberikan referensi oli untuk pemilik kendaraan dengan cara mudah dan instan.

Fitur Mix & Match pada progressive web application (PWA) ini sangat mudah digunakan. Kita cukup memilih merek, varian, dan tipe kendaraan, kemudian klik Mix & Match. Hasil oli yang tepat untuk kendaraan kita pun akan muncul lengkap dengan detail keunggulan oli tersebut.

Dr Lube akan mengarahkan kita ke lokasi terdekat tempat oli hasil Mix & Match dijual. Jadi, kita tidak perlu repot berkeliling mencari Olimart atau SPBU yang menyediakan pelumas yang dimaksud.

Foto: @officialfastron

Fitur Point pada Dr Lube akan muncul setelah kita melakukan Mix & Match. Semakin banyak poin yang kita kumpulkan, semakin besar kesempatan kita memenangkan banyak hadiah. Jangan lupa mengisi fitur Schedule untuk mengingatkan kita jadwal perawatan mobil, khususnya ganti oli berikutnya.

Fitur Dr Lube yang tak kalah penting adalah News. Kita semakin tahu banyak tentang dunia otomotif, beragam informasi tentang oli dan produknya, juga tentang perusahaan induk Pertamina Lubricants, yaitu Pertamina.

2. Fastron Platinum untuk sports car dan supercar

Fastron Platinum bukan sembarang pelumas loh. Oli satu ini dirancang khusus untuk kendaraan berteknologi tinggi, yaitu sports car dan supercar.

Ada dua varian, yaitu Fastron Platinum SAE OW-40 untuk kelas premium car dan sports car, dan Fastron Platinum Racing SAE 10W-60 untuk kelas sports car dan racing car. Kehadiran Fastron Platinum membuktikan produk Indonesia sangat bagus, bahkan bisa digunakan untuk mobil-mobil buatan luar negeri.

Foto: @officialfastron

Pelumas Pertamina Fastron menjadi technical partner pabrikan supercar dunia, Automobili Lamborghini di ajang balap GT3 dan Super Trofeo Championship 2020-2021.

Varian Fastron Platinum Racing 10W-60 digunakan di GT3 dan ST Vehicles untuk Lamborghini Squadra Corse. Fastron Platinum Racing memang pelumas yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan kinerja mesin V10 mobil-mobil Lamborghini Huracan.

Pertamina Fastron telah mengukir prestasi berbagai kejuaraan GT, yaitu 24 Hours of Daytona, 12 Hours of Sebring, Blancpain GT Series, serta Kejuaraan One-make Lamborghini di Asia, Eropa dan Amerika Utara.

3. Fastron Eco Green untuk mobil ramah lingkungan

Apa saja sih fungsi oli?

Fungsi pertama tentu saja melumasi komponen-komponen di dalam mesin supaya tidak cepat rusak, sehingga usia pakai mesin kendaraan lebih lama.

Oli juga berfungsi mendinginkan suhu mesin yang panas supaya tetap bekerja ideal pada suhu kerja.

Dampak mesin mobil yang terlalu panas alias overheat bisa sangat fatal loh, mulai dari merusak piston, merusak klep dan ring piston, hingga risiko terparah memicu mobil terbakar.

Berikutnya oli berfungsi membersihkan partikel-partikel kotoran dalam mesin dan mencegah korosi. Fungsi terakhir oli yang tak kalah penting adalah meningkatkan efisiensi bahan bakar, sehingga lebih ramah lingkungan.

Mobil ramah lingkungan atau LCGC memang tak sementereng mobil-mobil kelas premium. Namun, faktanya mobil kelas ini paling banyak diminati dan dibeli generasi milenial, khususnya mereka yang lahir pada medio 1982-2000.

Mobil LCGC menjadi favorit bagi milenial yang baru pertama kali memiliki mobil pribadi. Ini terbukti dengan puncak permintaan mobil LCGC sepanjang 2016-2017.

Fenomena ini juga didukung maraknya aplikasi taksi online di perkotaan. Banyak generasi milenial bekerja sampingan sebagai driver takol alias taksi online atau ojol alias ojek online.

Pertamina Lubricants menjawab tantangan ini dengan meluncurkan pelumas Fastron Eco Green yang diformulasikan dengan nano guard, yaitu teknologi pelumas sintetik untuk mesin bensin terbaru. Formula ini terbukti efektif melindungi mesin dan membersihkannya secara menyeluruh hingga ke celah tersempit sekali pun.

Foto: @officialfastron

Fastron Eco Green bahkan bisa digunakan untuk mesin mobil LCGC yang dilengkapi turbo atau non-direct injection. Tujuannya untuk mengurangi emisi gas buang.

Fastron Eco Green cocok untuk mobi-mobil LCGC, seperti Toyota Agya atau Calya, Honda Brio, Daihatsu Ayla atau Sigra, Suzuki Karimun, atau Datsun Go. Kualitasnya lebih baik dan  harga lebih terjangkau.

Bahan baku sintetiknya memberi perlindungan maksimal terhadap keausan mesin, konsumsi BBM, dan akselerasi kendaraan untuk aktivitas dalam kota.

4. Digitalisasi Olimart

Oli mobil Fastron saat ini tak hanya dijual di Olimart, namun juga berbagai marketplace online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blanja.com, dan Blibli.

Pertamina Lubricants juga telah melakukan digitalisasi Olimart dengan mengubah konsep bengkel menjadi teknologi atau digital savvy. Tuntutan zaman saat ini semakin mengedepankan integrasi sistem pembayaran. Hal ini juga menjadi bagian dari gaya hidup milenial.

Digitalisasi bisnis di Olimart saat ini berbasis online based point of sales bekerja sama dengan Moka Pos oleh Telkomsel. Konsumen juga bisa bertransaksi di Olimart menggunakan aplikasi fintech, seperti T-cash, GoPay, dan OVO.

Sebagai anak perusahaan pelat merah, Pertamina Lubricant ikut serta meningkatkan sinergi dengan perusahaan BUMN lainnya. Salah satu bentuknya menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan FASTRON BRIZZI Loyalty Card.

Ini adalah kartu member untuk meningkatkan pelayanan konsumen setia pelumas Pertamina, khususnya pemilik mobil. Kartu yang diluncurkan sejak 2017 ini bertujuan meningkatkan transaksi nontunai, terutama di gerai Olimart.

FASTRON BRIZZI Loyalty Card bisa digunakan saat penggantian minimal tiga liter oli. Pelanggan Olimart misalnya bisa melakukan transaksi nontunai di mesin EDC BRI. Kartu ini juga bisa untuk membayar tol. Kekinian banget bukan?

5. Memanjakan pelanggan di berbagai event

Pertamina Lubricants memanjakan seluruh pelanggan setia Fastron di berbagai event, salah satunya Java Jazz Festival 2019. Promo spesial berupa diskon hingga 50 persen untuk pembelian pelumas Fastron Gold dan Techno series diberikan khusus untuk pelanggan yang membelinya di booth Pertamina Fastron.

Foto: @officialfastron

Pelanggan juga berkesempatan mengikuti undian berhadiah utama smartphone Oppo F7 dan Guitar Gibson Les Paul. Pertamina Lubricants mengusung tema Broadway Fastron Lounge Cafe.

Masyarakat Indonesia di mana pun berada, khususnya konsumen Fastron bisa mendapatkan pelumas Fastron sesuai spesifikasi kendaraannya di general outlet, bengkel own-channel, seperti Olimart, juga SPBU Pertamina.

Ratusan bengkel Olimart kini telah tersebar dari Sabang sampai Merauke, Jadi, mulai sekarang, jangan pernah beli sembarang oli ya? Oli baik ya Fastron!


101 responses to “Oli Mobil Terbaik Fastron Sempurnakan Gaya Hidup Milenial”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.