Refill Toner Original Lebih Profesional dan Hemat Biaya Operasional

Paperless isn’t realistic, but less paper is.

Petikan kalimat di atas maknanya sangat dalam. Hidup tanpa kertas rasanya tak mungkin, namun mengurangi praktik penggunaan kertas adalah keniscayaan demi kelestarian alam dan lingkungan berkelanjutan.

Bisnis percetakan masih jauh dari kategori sunset industry. Printer dan kertas masih sangat dibutuhkan, meski jumlah dan volumenya berkurang seiring berkembangnya teknologi digital.

PRINTER LASER X PRINTER TINTA

Zaman keemasan printer tinta tampaknya sudah tergantikan. Saat ini orang-orang lebih banyak mengandalkan printer laser atau laser printer yang lebih profesional dan user friendly.

Kedua jenis printer ini sama-sama dikenal masyarakat luas. Printer tinta menggunakan bahan cetak tinta, sedangkan printer laser menggunakan toner.

Terlepas dari pro kontra penggunaan printer laser dengan printer tinta, saya pribadi lebih senang menggunakan printer laser karena menggunakan toner yang aman dan berkualitas, mengefisiensi waktu, dan tentunya ramah lingkungan.

REFILL TONER ORIGINAL

Toner adalah bubuk terbuat dari serbuk karbon, besi, dan gula yang dimasukkan ke dalam catridge printer. Produsen biasanya menambahkan zat polimer ke dalamnya untuk meningkatkan kualitas akhir cetakan. Apa saja kelebihan toner?

1. Sistem kerja lebih cepat

Printer laser yang menggunakan toner bekerja lebih cepat dibanding printer tinta. Beberapa merek dapat mencetak puluhan halaman per menit. Pantum Laser Jet bahkan bisa mencetak 100-150 halaman per menit.

2. Kualitas gambar lebih baik

Printer laser dengan toner lebih presisi dibanding printer tinta. Ini membuat kualitas cetakan yang dihasilkan juga lebih baik.

3. Lebih awet

Printer laser dengan toner lebih awet dibanding printer tinta. Kita bisa mencetak lebih banyak halaman dengan volume yang sama.

Kekurangannya ada tidak? Ada, namun bisa diabaikan oleh pengguna yang benar-benar memerhatikan kualitas.

Orang bilang, ada rupa ada harga. Ya, harga printer laser dan refill toner original lebih mahal dibandingkan printer tinta dan tintanya. Ukuran printer laser juga lebih besar dari printer tinta karena multifungsi, misalnya bisa digunakan sebagai scanner, mesin faks, dan mesin fotokopi.

Isi ulang printer laser dengan toner lebih mahal. Namun, hasilnya lebih banyak dan lebih efisien untuk jangka panjang.

Pengguna baru biasanya sedikit kesulitan melakukan pengisian ulang toner secara mandiri. Pasalnya kita harus bisa membongkar komponen catridge-nya. Jadi, bagi yang masih ragu, untuk tahap pertama bisa datang ke jasa refill toner dulu.

Salah satu cara mengefisiensi pengeluaran untuk kebutuhan toner printer laser, juga jet printer adalah menggunakan refill toner original.

Refill toner original Pantum

Refill toner original bisa menghemat biaya operasional hingga 80 persen. Ini terbilang sangat ekonomis bagi perseorangan atau pelaku usaha yang menggunakan mesin printer laser atau laser jet printer.

Toner isi ulang original milik Pantum dibanderol mulai dari Rp 135 ribu dengan kapasitas cetak 1.600 lembar, serta Rp 170 ribu dengan kapasitas cetak 3.000 lembar. Ini berarti harga cetak per lembarnya di bawah Rp 100.

Coba kita bandingkan dengan harga cetak hitam putih di layanan jasa fotokopi di perkotaan yang berkisar Rp 300-500 per lembar, atau cetak warna Rp 1.000-1.500 per lembar. Pantum terbukti super ekonomis.

PRINTER PANTUM

Salah satu cara mengelola kertas dengan bijak adalah menggunakan printer multifungsi. Printer ini memudahkan kita mengurangi jumlah kertas yang digunakan di tempat kerja, misalnya kemampuan duplex printing atau cetak bolak balik.

Printer yang bagus dapat membantu kita memindai dokumen kertas dan menjadikannya dokumen digital melalui fungsi scanner. Printer cerdas juga bisa terhubung dengan berbagai perangkat berteknologi nirkabel, misalnya kita bisa mencetak lewat ponsel pintar (smartphone), tablet, atau iPhone.

Pantum adalah perusahaan manufaktur asal Cina yang mengembangkan, memproduksi, dan menjual printer laser, toner, termasuk refill toner original. Printer laser Pantum sudah masuk ke Indonesia sekitar Maret 2019.

Pantum menyediakan produk-produk unggulan berteknologi canggih untuk menghasilkan percetakan andal, berbiaya efektif, dan ramah lingkungan. Perusahaan ini berusaha memudahkan konsumen menggunakan printer laser.

Untuk menginstalasi mesin printer laser ke komputer misalnya, pengguna bisa mengunduh driver-nya di laman resmi Pantum, kemudian menyesuaikan dengan jenis printer laser yang dipakai.

Pantum memiliki beberapa tipe printer laser jet, di antaranya monochrome laser printer, monochrome multifungsi, dan color laser multifungsi.

Monochrome laser printer terdiri dari beberapa seri, seperti P2500W dan P3010DW. Monochrome multifungsi juga terdiri dari beberapa seri, seperti M6550NW, M6600NW, M6800FDW, M7100DW, M7200FDW, M7300FDW, dan M7600FDN. Ada juga seri CM7105DN yang dikategorikan printer laser berwarna.

Pantum memiliki banyak produk printer unggulan. Tiga di antaranya sangat populer, yaitu M6550NW, M7100DW, dan P2500W. Fiturnya lengkap, desainnya unik, sistem refill toner-nya mudah digunakan, sehingga pengguna lebih nyaman dan mudah mencetak dokumen.

Mesin cetak laser keluaran Pantum rata-rata dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Garansinya bisa mencapai tiga tahun loh.

1. M6550NW

Keunggulan printer ini adalah dapat diandalkan, ramah lingkungan, dan ekonomis. Rangka luarnya kuat dan tegas. Kecepatan prosesornya mencapai 600 MHz dengan memori 128 MB, lebih besar dan lebih unggul di kelasnya.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Keperluan cetak, scan, fotokopi, dan faks ada dalam satu mesin. Semua dapat terkoneksi dengan wifi dan jaringan internet. Ada sleep mode yang hemat energi. Suara yang dihasilkan juga tidak bising.

Spesifikasi M6550NW:

  • Dimensions(w×d×h): 417 x 305 x 301 mm
  • Weight (with cartridge ): 8.5 kg
  • Processor speed: 600 MHz
  • Memory: 128 MB
  • Print speed: 22ppm (A4) / 23ppm (Letter)
  • First print out time: Less than 7.8s
  • Resolution (print, copy, scan): 1200 × 1200 dpi
  • Paper input: 150 pages
  • Paper output: 100 pages

2. M7100DW

Printer ini memiliki fungsi dupleks atau duplex printing, sehingga cocok menunjang aktivitas kerja di kantor. Kecepatan menyalinnya tinggi, bahkan nyaris tidak akan mengeluarkan kertas macet di tengah proses mencetak.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Desainnya kompak dan bergaya. Fungsi cetak, scan, dan fotokopi ada dalam satu mesin. Instalasinya mudah hanya dalam satu langkah. Proses mencetak lebih enteng karena terkoneksi dengan jaringan nirkabel.

Spesifikasi M7100DW:

  • Weight (without toner cartridge ): 10.46 kg
  • Power consumption: Printing (550W), ready (less than 50W), sleep mode (less than 2W)
  • Processor speed: 525 MHz
  • Memory: 256 MB
  • Print speed: 33ppm (A4) / 35ppm (Letter)
  • First print out time: Less than 8.2s
  • Maximum monthly volume: 60,000 pages
  • Resolution (dpi): Print (1200 x 1200 dpi), copy (600 x 600 dpi), scan (flatbed 1200×1200dpi)
  • Paper input: 250 pages
  • Paper output: 150 pages

3. P2500W

Printer ini didukung prosesor 600 MHz plus memori 128 MB, sehingga hasil cetak lebih cepat. Desainnya ramping, ringkas, pas untuk ditaruh di ruang kerja.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Seri printer ini bisa terkoneksi dengan iOS dan android. Sleep mode otomatis menghemat energi. Catridge-nya all-in-one, sehingga tidak boros, CPP rendah, dan hemat biaya operasional.

Spesifikasi P2500W:

  • Dimensions(wxdxh): 337 x 220 x 178 mm
  • Weight (with cartridge): 4.75 kg
  • Power consumption: Printing (370W), ready (38W), sleep mode (less than 2W)
  • Connectivity: Speed USB 2.0; WiFi: IEEE 802.11b/g/n
  • Processor speed: 600MHz
  • Memory: 128MB
  • Print speed: 22 ppm (A4) / 23 ppm (Letter)
  • First print out time: Less than 7.8s
  • Maximum monthly volume: 15,000 pages
  • Resolution (dpi): Max. 1,200×1,200
  • Paper input: 150 pages
  • Paper output: 100 pages

Mesin printer Pantum juga mendukung berbagai jenis kertas. Kemampuan cetak yang tinggi membuat printer Pantum dilabeli sebagai printer laser paling ekonomis.

AMAN, BERKUALITAS, RAMAH LINGKUNGAN

Mesin printer dan refill toner original keluaran Pantum memiliki banyak kelebihan dibanding merek lainnya, yaitu lebih aman, berkualitas, dan ramah lingkungan.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Selain hasil cetak profesional, pengguna tak harus membuka laptop atau komputer jika ingin mencetak. Selama data tersimpan di dalam USB atau flashdisk, pengguna tinggal memasangnya ke port USB, dan hasil cetakan langsung jadi. Pengguna bisa juga memakai jaringan internet untuk mencetak dari ponsel pintar iOS dan android.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Refill toner original Pantum lebih rendah limbah bubuk, sehingga cetakan akhir jernih, tidak berbau, tidak membahayakan kesehatan. Hasil kerja profesional, plus hemat biaya operasional. Keren kan?

52 thoughts

  1. Kelebihan toner seperti yang diungkapkan di atas: Sistem kerja lebih cepat, Kualitas gambar lebih baik, dan Lebih awet … ketiga poin penting ini menunjukkan alasan untuk memilih printer laser. Noted. Terima kasih artikelnya 🙂

    Like

  2. Hihihi tadi pas baca judulnya toner. Aku sangka tulisannya tentang skin care gitu. Ternyata bukan ya hahaha. Aku baru tahu lho kak kalau gambar di atas itu namanya printer laser. Soalnya yang aku tahu cuma printer tinta doang. Nah, harga printer laser ini sekitar berapa kak? Aku butuh juga printer buat di rumah. Buat bkin alat peraga belajar anak di rumah soalnya

    Like

  3. Aku naksir nih sama Tipe P2500W-nya. Ngantor di rumah, aku benar-benar memerlukan printer yang simpel dan hemat biaya. Ribet juga ya mesti bolak-balik ke tempat fotokopi buat ngeprint dokumen pekerjaan. Printer dengan ukuran ideal di meja kerja begini tuh banyak yang pakai tinta. Aku belum memutuskan beli karena yang seperti itu biasanya berisik, hahaha …
    Bisa dipertimbangkan nih untuk bawa dia pulang, hihihi …

    Like

  4. Dari ulasan Mbak Mutia ini, jelas sekali banyak keunggulan printer laser dibandingkan printer tinta ya, Mbak. walau memang harganya lebih mahal. Kan ada rupa ada harga.
    Dan sebagai penulis, saya kayaknya butuh printer laser ini. Karena masih pakai yang printer tinta yang buat ngeprint saja. Nanti saya akan lebih mudah, buat copy, scan dan cetak foto juga. Langsung meluncur nih cari harganya. Saya naksir tipe M6550NW.

    Like

  5. Aman, berkualitas dan ramah lingkungan. Wah harus ganti printer nih kayanya, dirumah masih yang tinta. Printer laser kayanya cocok juga untuk usaha rental ya kak,secara mahasiswa klo udah ngeprint kan suka banyak tuh apalagi untuk keperluan skripsi dll.

    Like

    1. Cocok bangetttt mba buat yg punya usaha. Ngeprint cepat, antrean pelanggan bisa diminimalisir, plus tinggal kegagalan ngeprint atau problem kertas macet keluar saat kita mencetak dokumen nyarissssss gak pernah terjadi.

      Like

  6. Setuju banget nih, kalau refil tonernya asli, pastinya kualitas print lebih baik, pun juga lebih hemat sih, ketimbang abal-abal dan jadinya rusak mulu.
    Dulu waktu kerja, sering banget kami rebutan printer saking printer banyak yang rusak 😀

    Like

  7. Buat pelaku usaha atau kantoran perlu banget alat penunjang kayak printer yang kece kayak gini..apalagi di dukung dengan teknologi gitu.

    Like

    1. Dunia kerja pengennya sekarang serba cepat. Kalo masih pake printer tinta yg ngeprint selembarnya aja bisa setengah menit, bisa habis waktu kita. Mending ngeprint pake Pantum, sekelip mata aja udah jadi. Hehehe

      Like

  8. Ternyata ga hanya dunia kecantikan ya kak yang mulai rame dg produk ramah lingkungannya. Tetapi dari percetakan sendiri sudah ada produk yang ranah lingkungan. Asyik dong, modern tanpa merusak alam.

    Like

  9. wah, sejauh ini aku belum pernah punya printer laser. Tapi sering banget dulu langganan ke percetakan tugas kuliah trus penasaran sama mesin printernya… Penasaran krn tintanya gk kelihatan 😁

    Like

  10. Boleh juga jd pertimbangan nih kalo mau beli printer, memang agak mahal tp kalo jd lbh awet n hasilnya lebih oke sih bolehlah nih dicoba. -shyntako

    Like

    1. Harganya sesuai Mba Shin karena multifungsi. Ada scanner, ada printer, ada fotokopi, ada mesin fax smw gabung jadi satu. Kalo aq pribadi, setidaknya punya yg 2 fungsi, print dan scan. Soalnya scan penting banget buat dokumen2, seperti scan KTP, ijazah, KK, akte rumah, akte kelahiran, dll. Ya kan. Buat back up.

      Like

  11. Buat orang yang sering berjibaku dengan kerjaan kantor, suka mupeng dengan printer dari Pantum ini. Gak muluk-muluk deh, dapet M6550NW juga udah uyuhan saya mah. Satu printer jadi bisa melakukan banyak fungsi.

    Like

  12. Wuih… kece badai ya, printer toner ini. BIsa cetak secepat itu, dengan kualitas sangat baik. Super irit pula. Saya jadi ingin punya nih Mbak.
    Adakalanya Kebutuhan print saya cukup tinggi.

    Like

    1. Super irit Mba Sus. Jatuhnya kita cuma keluar duit 80 perak per lembar. Kemana lagi cari printer seirit ini. Hehehe. Ngeprint selembar hitam putih aja di fotokopian sekarang harganya 300 per lembar.

      Like

  13. anu..saya salah baca wkwk, tadi saya kira toner.
    awalnya saya enggak ngeh lho bedanya printer laser sama printer tinta biasa, mungkin karena taunya pake-pake doang kali ya, setelah baca artikelnya jadi ngerti…mereka berdua jelas berbeda dan printer laser lebih kekinian plus hemat, hehe

    Like

  14. Sejak printer laser yang lama rusak, saya belum bisa beli yang baru. Padahal pakai printer laser lebih cepat dan murah. Apalagi kalo pakai refil toner original, hati tenang karena hemat dan kualitasnya bagus.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.