Refill Toner Original Lebih Profesional dan Hemat Biaya Operasional

Paperless isn’t realistic, but less paper is.

Petikan kalimat di atas maknanya sangat dalam. Hidup tanpa kertas rasanya tak mungkin, namun mengurangi praktik penggunaan kertas adalah keniscayaan demi kelestarian alam dan lingkungan berkelanjutan.

Bisnis percetakan masih jauh dari kategori sunset industry. Printer dan kertas masih sangat dibutuhkan, meski jumlah dan volumenya berkurang seiring berkembangnya teknologi digital.

PRINTER LASER X PRINTER TINTA

Zaman keemasan printer tinta tampaknya sudah tergantikan. Saat ini orang-orang lebih banyak mengandalkan printer laser atau laser printer yang lebih profesional dan user friendly.

Kedua jenis printer ini sama-sama dikenal masyarakat luas. Printer tinta menggunakan bahan cetak tinta, sedangkan printer laser menggunakan toner.

Terlepas dari pro kontra penggunaan printer laser dengan printer tinta, saya pribadi lebih senang menggunakan printer laser karena menggunakan toner yang aman dan berkualitas, mengefisiensi waktu, dan tentunya ramah lingkungan.

REFILL TONER ORIGINAL

Toner adalah bubuk terbuat dari serbuk karbon, besi, dan gula yang dimasukkan ke dalam catridge printer. Produsen biasanya menambahkan zat polimer ke dalamnya untuk meningkatkan kualitas akhir cetakan. Apa saja kelebihan toner?

1. Sistem kerja lebih cepat

Printer laser yang menggunakan toner bekerja lebih cepat dibanding printer tinta. Beberapa merek dapat mencetak puluhan halaman per menit. Pantum Laser Jet bahkan bisa mencetak 100-150 halaman per menit.

2. Kualitas gambar lebih baik

Printer laser dengan toner lebih presisi dibanding printer tinta. Ini membuat kualitas cetakan yang dihasilkan juga lebih baik.

3. Lebih awet

Printer laser dengan toner lebih awet dibanding printer tinta. Kita bisa mencetak lebih banyak halaman dengan volume yang sama.

Kekurangannya ada tidak? Ada, namun bisa diabaikan oleh pengguna yang benar-benar memerhatikan kualitas.

Orang bilang, ada rupa ada harga. Ya, harga printer laser dan refill toner original lebih mahal dibandingkan printer tinta dan tintanya. Ukuran printer laser juga lebih besar dari printer tinta karena multifungsi, misalnya bisa digunakan sebagai scanner, mesin faks, dan mesin fotokopi.

Isi ulang printer laser dengan toner lebih mahal. Namun, hasilnya lebih banyak dan lebih efisien untuk jangka panjang.

Pengguna baru biasanya sedikit kesulitan melakukan pengisian ulang toner secara mandiri. Pasalnya kita harus bisa membongkar komponen catridge-nya. Jadi, bagi yang masih ragu, untuk tahap pertama bisa datang ke jasa refill toner dulu.

Salah satu cara mengefisiensi pengeluaran untuk kebutuhan toner printer laser, juga jet printer adalah menggunakan refill toner original.

Refill toner original Pantum

Refill toner original bisa menghemat biaya operasional hingga 80 persen. Ini terbilang sangat ekonomis bagi perseorangan atau pelaku usaha yang menggunakan mesin printer laser atau laser jet printer.

Toner isi ulang original milik Pantum dibanderol mulai dari Rp 135 ribu dengan kapasitas cetak 1.600 lembar, serta Rp 170 ribu dengan kapasitas cetak 3.000 lembar. Ini berarti harga cetak per lembarnya di bawah Rp 100.

Coba kita bandingkan dengan harga cetak hitam putih di layanan jasa fotokopi di perkotaan yang berkisar Rp 300-500 per lembar, atau cetak warna Rp 1.000-1.500 per lembar. Pantum terbukti super ekonomis.

PRINTER PANTUM

Salah satu cara mengelola kertas dengan bijak adalah menggunakan printer multifungsi. Printer ini memudahkan kita mengurangi jumlah kertas yang digunakan di tempat kerja, misalnya kemampuan duplex printing atau cetak bolak balik.

Printer yang bagus dapat membantu kita memindai dokumen kertas dan menjadikannya dokumen digital melalui fungsi scanner. Printer cerdas juga bisa terhubung dengan berbagai perangkat berteknologi nirkabel, misalnya kita bisa mencetak lewat ponsel pintar (smartphone), tablet, atau iPhone.

Pantum adalah perusahaan manufaktur asal Cina yang mengembangkan, memproduksi, dan menjual printer laser, toner, termasuk refill toner original. Printer laser Pantum sudah masuk ke Indonesia sekitar Maret 2019.

Pantum menyediakan produk-produk unggulan berteknologi canggih untuk menghasilkan percetakan andal, berbiaya efektif, dan ramah lingkungan. Perusahaan ini berusaha memudahkan konsumen menggunakan printer laser.

Untuk menginstalasi mesin printer laser ke komputer misalnya, pengguna bisa mengunduh driver-nya di laman resmi Pantum, kemudian menyesuaikan dengan jenis printer laser yang dipakai.

Pantum memiliki beberapa tipe printer laser jet, di antaranya monochrome laser printer, monochrome multifungsi, dan color laser multifungsi.

Monochrome laser printer terdiri dari beberapa seri, seperti P2500W dan P3010DW. Monochrome multifungsi juga terdiri dari beberapa seri, seperti M6550NW, M6600NW, M6800FDW, M7100DW, M7200FDW, M7300FDW, dan M7600FDN. Ada juga seri CM7105DN yang dikategorikan printer laser berwarna.

Pantum memiliki banyak produk printer unggulan. Tiga di antaranya sangat populer, yaitu M6550NW, M7100DW, dan P2500W. Fiturnya lengkap, desainnya unik, sistem refill toner-nya mudah digunakan, sehingga pengguna lebih nyaman dan mudah mencetak dokumen.

Mesin cetak laser keluaran Pantum rata-rata dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Garansinya bisa mencapai tiga tahun loh.

1. M6550NW

Keunggulan printer ini adalah dapat diandalkan, ramah lingkungan, dan ekonomis. Rangka luarnya kuat dan tegas. Kecepatan prosesornya mencapai 600 MHz dengan memori 128 MB, lebih besar dan lebih unggul di kelasnya.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Keperluan cetak, scan, fotokopi, dan faks ada dalam satu mesin. Semua dapat terkoneksi dengan wifi dan jaringan internet. Ada sleep mode yang hemat energi. Suara yang dihasilkan juga tidak bising.

Spesifikasi M6550NW:

  • Dimensions(w×d×h): 417 x 305 x 301 mm
  • Weight (with cartridge ): 8.5 kg
  • Processor speed: 600 MHz
  • Memory: 128 MB
  • Print speed: 22ppm (A4) / 23ppm (Letter)
  • First print out time: Less than 7.8s
  • Resolution (print, copy, scan): 1200 × 1200 dpi
  • Paper input: 150 pages
  • Paper output: 100 pages

2. M7100DW

Printer ini memiliki fungsi dupleks atau duplex printing, sehingga cocok menunjang aktivitas kerja di kantor. Kecepatan menyalinnya tinggi, bahkan nyaris tidak akan mengeluarkan kertas macet di tengah proses mencetak.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Desainnya kompak dan bergaya. Fungsi cetak, scan, dan fotokopi ada dalam satu mesin. Instalasinya mudah hanya dalam satu langkah. Proses mencetak lebih enteng karena terkoneksi dengan jaringan nirkabel.

Spesifikasi M7100DW:

  • Weight (without toner cartridge ): 10.46 kg
  • Power consumption: Printing (550W), ready (less than 50W), sleep mode (less than 2W)
  • Processor speed: 525 MHz
  • Memory: 256 MB
  • Print speed: 33ppm (A4) / 35ppm (Letter)
  • First print out time: Less than 8.2s
  • Maximum monthly volume: 60,000 pages
  • Resolution (dpi): Print (1200 x 1200 dpi), copy (600 x 600 dpi), scan (flatbed 1200×1200dpi)
  • Paper input: 250 pages
  • Paper output: 150 pages

3. P2500W

Printer ini didukung prosesor 600 MHz plus memori 128 MB, sehingga hasil cetak lebih cepat. Desainnya ramping, ringkas, pas untuk ditaruh di ruang kerja.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Seri printer ini bisa terkoneksi dengan iOS dan android. Sleep mode otomatis menghemat energi. Catridge-nya all-in-one, sehingga tidak boros, CPP rendah, dan hemat biaya operasional.

Spesifikasi P2500W:

  • Dimensions(wxdxh): 337 x 220 x 178 mm
  • Weight (with cartridge): 4.75 kg
  • Power consumption: Printing (370W), ready (38W), sleep mode (less than 2W)
  • Connectivity: Speed USB 2.0; WiFi: IEEE 802.11b/g/n
  • Processor speed: 600MHz
  • Memory: 128MB
  • Print speed: 22 ppm (A4) / 23 ppm (Letter)
  • First print out time: Less than 7.8s
  • Maximum monthly volume: 15,000 pages
  • Resolution (dpi): Max. 1,200×1,200
  • Paper input: 150 pages
  • Paper output: 100 pages

Mesin printer Pantum juga mendukung berbagai jenis kertas. Kemampuan cetak yang tinggi membuat printer Pantum dilabeli sebagai printer laser paling ekonomis.

AMAN, BERKUALITAS, RAMAH LINGKUNGAN

Mesin printer dan refill toner original keluaran Pantum memiliki banyak kelebihan dibanding merek lainnya, yaitu lebih aman, berkualitas, dan ramah lingkungan.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Selain hasil cetak profesional, pengguna tak harus membuka laptop atau komputer jika ingin mencetak. Selama data tersimpan di dalam USB atau flashdisk, pengguna tinggal memasangnya ke port USB, dan hasil cetakan langsung jadi. Pengguna bisa juga memakai jaringan internet untuk mencetak dari ponsel pintar iOS dan android.

pantum
Foto: Pantum Indonesia

Refill toner original Pantum lebih rendah limbah bubuk, sehingga cetakan akhir jernih, tidak berbau, tidak membahayakan kesehatan. Hasil kerja profesional, plus hemat biaya operasional. Keren kan?

87 thoughts

  1. Dari segi desain yang sangar, printer ini sudah bisa mempresentasikan dirinya kalau memiliki performa yang bagus dibanding yang lainnya.

    Like

  2. Sejak printer laser yang lama rusak, saya belum bisa beli yang baru. Padahal pakai printer laser lebih cepat dan murah. Apalagi kalo pakai refil toner original, hati tenang karena hemat dan kualitasnya bagus.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.