https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-8K50HN0MMT window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag(‘js’, new Date()); gtag(‘config’, ‘G-8K50HN0MMT’);

Cara Mencuci Sepatu Putih Supaya Tampak Baru


Kebersihan sepatu atau sneaker perlu dijaga, supaya kita tetap bisa tampil maksimal. Apalagi sedang musim hujan nih. Mana becek, gak ada ojek (Cinta Laura kali ah!)

Keluar rumah dengan sepatu putih, apalagi pas cuaca mendung mendayu, hujan perlahan menyerbu, membuat langkah terasa berat. Rasanya seperti meniti cobaan kehidupan yang panjang #Lebay.

Bukan apa-apa, mengenakan sepatu putih di musim hujan pastinya cukup menantang. Namun, demi penampilan yang paripurna, mau tak mau segala risiko diterima.

Siap-siap saja, sneaker yang tadinya bersih mulus tak bernoda, tiba-tiba kotor dan mau tak mau harus dibersihkan.

Seandainya kita hidup di dunia serba sempurna, kita boleh saja berangan bisa menikmati es krim nol kalori atau mengenakan sepatu putih yang tak bisa kotor sepanjang hari. Sayangnya semua itu cuma bisa hadir di dunia khayalan atau cerita dongeng anak-anak.

Namun, bagaimana jika memang ada cara mencuci sepatu putih sehingga membuat alas kaki tampak baru, seperti pertama kali kita membelinya? Percayalah, tak ada yang tak mungkin.

CARA MENCUCI SEPATU PUTIH

Sepatu putih adalah item fesyen wajib di lemari pakaian pria dan wanita. Bentuknya bisa berupa sepatu kain, sepatu kanvas, sepatu kulit, atau sepatu berbahan sintetis.

Sepatu putih berbahan kanvas salah satu yang populer. Sepatu ini bisa dipadupadankan dengan baju kaos, batik, celana jins, celana bahan, bahkan gaun.

Mencuci sepatu putih bisa terasa berat jika kita belum tahu cara terbaik menyelesaikannya. Berikut beberapa cara mencuci sepatu putih supaya tampilannya tetap baru.

Foto: Pexels

1. Cuka

Ambil selembar handuk lembut, celupkan ke dalam larutan cuka. Gosokkan handuk dengan lembut ke bagian sepatu putih yang bernoda. Voila! Hasilnya tak mengecewakan.

2. Pasta gigi

Pasta gigi biasanya mengandung fluoride yang berfungsi sebagai pemutih. Ambil secuil pasta gigi, kemudian oleskan di beberapa bagian sepatu putih yang bernoda. Gosok dengan sikat gigi yang permukaannya lembut hingga noda menghilang.

3. Soda kue

Campurkan satu sendok makan soda kue ke dalam air panas. Tambahkan beberapa tetes cuka hingga larutannya berubah hampir menyerupai pasta. Oleskan larutan ke bekas noda sepatu, sikat dengan sikat gigi yang permukaannya lembut.

4. Sampo

Sepatu putih bisa saja terkena noda minyak, misalnya kita menginjak tumpahan oli di aspal saat berjalan kaki. Kadang kita secara tak sengaja menumpahkan kuah makanan yang mengandung minyak sehingga mengenai sepatu.

Sesampainya di rumah, gunakan beberapa tetes sampo dan oleskan di bagian bernoda. Lap dengan handuk yang sebelumnya telah direndam dalam air hangat. Noda minyak pun terangkat.

5. Deterjen cair

Cara mencuci sepatu putih dengan mesin cuci boleh saja dilakukan. Meski demikian, perhatikan langkahnya.

Pertama, siapkan deterjen cair berkualitas bagus, beberapa lembar handuk putih, dan seember air panas. Kedua, lepaskan tali sepatu (jika ada), lalu masukkan sepatu plus handuk ke dalam mesin cuci.

Ketiga, tambahkan 1-2 takar deterjen cair ke dalam mesin cuci, siram dengan air hangat. Keempat, putar mesin cuci otomatis dan biarkan bekerja.

Handuk dalam mesin cuci berfungsi untuk meminimalisir benturan sepatu di dinding mesin.

Sepatu kanvas sebaiknya tidak dikeringkan dalam mesin cuci. Biarkan kering alami dengan cara menjemurnya di tempat berangin atau terkena sinar matahari lembut.

Untuk memaksimalkan pengeringan, selipkan beberapa lembar kertas koran ke dalam sepatu. Ini fungsinya menyerap kelembaban dalam sepatu sehingga lebih cepat kering.

6. Cat kuku

Jika ada goresan atau noda pada sepatu putih, ambil saja cat kuku berwarna putih dan poleskan sedikit pada permukaan yang bernoda atau terkena goresan.

Sesederhana itu, namun tips ini sangat cerdas, terutama jika kita terburu-buru hendak mengggunakan sepatu sama dengan kondisi tidak bersih sempurna. Begitu acara selesai, kita baru membersihkannya lebih lanjut.

7. Cairan pemutih

Cairan pemutih bisa menjadi opsi terakhir untuk membersihkan sepatu putih. Jangan lupa untuk mencampur pemutih dengan air. Perbandingannya 1 : 5. Hindari terlalu banyak menggunakan pemutih karena sepatu berisiko berubah warna menjadi kekuningan.

SEPATU PUTIH TETAP BERSIH

Sepatu putih membuat siapa pun bisa tampil lebih bergaya. Hasil ini sepadan dengan tantangan membersihkannya.

Terlepas dari tujuh cara di atas, sesungguhnya ada dua opsi atau cara lebih bijak supaya sepatu putih tampak selalu bersih, yaitu mengantisipasi kotor sedari awal.

Opsi pertama, kalangan sneakerhead belakangan ramai membahas penggunaan waterproof spray atau spray antiair untuk sepatu. Banyak merek water repellent spray bermunculan, mulai dari produk lokal hingga impor.

Spray antiair membuat sepatu putih jauh dari noda cair, seperti noda becek, lumpur, kecap, saus, dan sebagainya. Merek yang dijual di pasaran pun beragam. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga di atas Rp 300 ribu.

Opsi kedua adalah membiasakan diri langsung membersihkan noda pada sepatu putih selepas digunakan. Kegiatan ini mungkin sedikit membosankan, namun membersihkan sepatu putih secara teratur dapat meringankan beban kita ketika mencucinya setiap minggu.

Gunakan  kain atau sikat pembersih yang lembut saat membersihkan sepatu. Tujuannya untuk menghindari muncul goresan di badan sepatu saat dibersihkan.

Sepatu putih untuk segala situasi (Foto: Pexels)

Dengan serangkaian tips di atas, kita tetap bisa melangkah tanpa takut sepatu putih kesayangan kotor. Itu karena kita selalu tahu cara terbaik membersihkannya.


30 responses to “Cara Mencuci Sepatu Putih Supaya Tampak Baru”

  1. Pas banget, bulan depan mau beli sneaker putih, sekarang baca dulu cara mencucinya. Warna putih memang perlu perlakuan khusus biar nggak cepet buluk, apalagi sepatu yg rentan kena kotoran.

    Like

  2. Membersihkan yang bernuansa putih memang terbilang berat dan repot. Padahal kalau di pakai begitu menggoda. Tipsnya membantu nih Mbak dan bisa di coba.

    Like

  3. Yang namanya berkaitan warna putih,pasti bikin beribet ya mba.
    Entah itu sepatu,t-shirt,tas kalau lagi di pakai jadi rada-rada was was.
    Secara jika terkena kotor langsung terlihat sekali, beda dengan warna yang lain dapat tersamarkan.
    Infonya cocok banget buat adik laki-laki saya yang paling bungsu.
    Biar kembali bersih

    Like

  4. saya baru tahu ternyata bs cuci sepatu di mesin cuci pakai deterjen cair. waaah saya belum berani sih. kalau sepatu suami rusak nanti minta beli lg, hemat beb

    Like

  5. Waterproof spray ini yang bikin sepatu kayak daun talas itu ya. Kalau kena air gak masuk ke serat sepatu, malah dilungsurkan ke bawah. Tapi ngeliat harganya, hmmm lumayan juga ya

    Like

  6. Memutihkan sepatu bisa jadi PR tersendiri. Untung banyak bahan yang bisa dipakai, ya. Saya sduah coba pakai asam sitrit, tidak berhasil. Nodanya masih lebih bandel. Saya mau coba satu per satu bahan di atas sampai berhasil, aaah

    Like

  7. cara mencuci sepatu agar putih by kak mutia
    1. cuka
    2. Pasta gigi
    3. Soda Kue
    4. Sampo
    5. Deterjen Cair
    6. Cat Kuku
    7. Cairan pemutih

    Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.