Liburan di Bali Saat Nyepi? Staycation di OYO Hotels Aja!

Advertisements

Nyepi adalah ibadah umat Hindu Bali. Saat Nyepi tiba, Pulau Dewata rehat sejenak dari hiruk pikuk aktivitas keduniawian.

Sebagian besar kaum pendatang memilih mudik ke kampung masing-masing. Mayoritas tujuan mereka Jawa, khususnya Jember dan Banyuwangi.

Kampung halaman yang jauh di mata membuat keluarga saya tetap bertahan selama hari raya ini berlangsung. Sebagai alternatif, kami sekeluarga menginap atau staycation di hotel.

Sebetulnya kami bisa saja diam di rumah, mengikuti ketentuan Catur Brata Penyepian, yaitu amati geni (tidak menghidupkan sumber cahaya), amati karya (tidak beraktivitas atau bekerja), amati lelungan (tidak bepergian keluar rumah), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Kondisinya tak memungkinkan karena kami memiliki anak dan bayi yang masih kecil. Mereka sedang aktif-aktifnya, sehingga kami tak ingin mengganggu kedamaian ibadah tetangga-tetangga kami yang beragama Hindu.

Nyepi berikutnya diperkirakan jatuh pada Rabu, 25 Maret 2020. Enaknya staycation di mana ya? Kali ini kami tak bingung lagi karena ada OYO Hotels Indonesia.

OYO adalah jaringan layanan perhotelan yang beroperasi mengadopsi model manchise (manajemen dan franchise). OYO bermitra dengan pemilik properti, seperti hotel dan vila.

Semua properti dioperasikan dalam perjanjian sewa atau mengizinkan pemilik properti menjalankan properti mereka dalam kesepakatan franchise.

Sejak pertama kali berdiri Mei 2013, OYO hadir di lebih dari 350 kota dengan menggandeng lebih dari 10 ribu mitra di enam negara, yaitu India, Cina, Malaysia, Nepal, Inggris, Uni Emirat Arab, dan Indonesia.

Sesuai tagline-nya, Living the Good Life, OYO Hotels memberikan pengalaman tinggal dan menginap tak terlupakan. Banyak kenyamanan dan kemudahan ditawarkan. Apa saja tuh?

1. Hadir di banyak kota

OYO adalah jaringan hotel dengan pertumbuhan tercepat enam besar dunia. Properti OYO sampai saat ini diperkirakan mencakup lebih dari 23 ribu hotel di 800 kota dan 18 negara.

Gambar: IG oyo.indonesia

Khusus di Indonesia, OYO Hotels tersebar di lebih 90 kota. Totalnya mencapai 1.000 hotel dengan 23 ribu kamar. Jadi, kamu tak perlu takut kehabisan kamar.

2. Booking-nya mudah

Kamu tidak akan dipersulit dengan prosedur pemesanan yang bertele-tele. Booking hotel dan menginap di salah satu kamar rancangan OYO cukup lewat aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore. Caranya mudah, cari hotel, booking hotel, lalu bayar.

Gambar: IG oyo.indonesia

Harga kamar OYO Hotels bersahabat. Kamu tak tak akan kecewa menginap di hotel mana pun yang dipilih.

Desain kamarnya modern. Kamu pasti tersenyum saat melihat tarif sewanya yang relatif terjangkau.

Gambar: IG oyo.indonesia

So, jangan lupa download aplikasinya ya?

3. Fasilitas terjamin

OYO menyempurnakan seni dalam mendesain kamar hotel. Properti yang tadinya mungkin terkesan biasa menjadi luar biasa dan lebih bergaya.

Kamar OYO Hotels terdiri dari lima kategori, yaitu OYO Smart, OYO Capital O, OYO Collection O, OYO Town House, dan OYO Flagship.

Ada banyak pilihan hotel di Bali, dan kali ini kami berencana menginap di OYO Collection O 20 Astana Kunti Seminyak. OYO Collection O merupakan hotel premium dengan lokasi dan infrastruktur sangat baik. 

Astana Kunti adalah hotel berkonsep vila dan apartemen yang memiliki ruangan super nyaman dengan fasilitas lengkap dan terjamin.

Astana Kunti terdiri dari 18 apartemen dan 19 vila. Kami memilih kamar tipe vila untuk mengakomodasi ruang gerak lebih luas, serta fasilitas dapur khusus.

Saya memiliki bayi yang masih dalam tahap pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI). Saya harus menyiapkan bubur dan snack pendamping tiga kali sehari untuk memastikan si kecil tetap sehat dan nutrisinya terpenuhi.

Untuk kategori kamar Indonesia Deluxe Double, saya cukup membayar Rp 848.570, sudah termasuk sarapan dan fasilitas free wifi. Ini belum dikurangi diskon-diskon seru yang diberlakukan OYO Hotels loh. Artinya, harga yang dibayarkan bisa jauh lebih murah.

Nuansa hotelnya modern dan unik. Fasilitas kamar terbilang lengkap, mulai dari televisi, coffee/tea maker, center table, mini fridge, seating area, kingsize bed, intercom, AC, dan hairdryer. Tamu bisa check in sejak pukul 13.30 WITA dan check out 12.30 WITA.

Seluruh kamar di Astana Kunti menghadap ke kolam renang. Anak-anak dan orang tua bisa bersantai di sini sesuka hati, pagi hingga malam hari.

Kolam renangnya menakjubkan, membentang di tengah dua bangunan berseberangan. Banyak kursi santai dan gazebo di sekitarnya.

Kamar kami luas dengan kasur ukuran king yang sangat nyaman. Ada banyak ruangan untuk menyimpan makanan dan minuman. Kompor dan peralatan masak standar disediakan.

Kamar mandinya cantik dengan shower besar. Meja rias cukup luas. Lemarinya lengkap dengan brankas, kimono mandi, juga sandal.

Kamar tamu dibersihkan setiap hari. Handuk, perlengkapan mandi, air dalam kemasan selalu diperbaharui.

Tamu pada hari biasa bisa menikmati sarapan di restoran outdoor. Namun, khusus saat Nyepi, layanan makanan diantar ke kamar dengan memesan sehari sebelumnya.

Kamu perlu tahu bahwa kamar dan jendela harus ditutup selama Nyepi berlangsung. Tamu tidak diperkenankan berjalan di luar area hotel, dan beraktivitas yang menimbulkan kebisingan.

Jumlah staf hotel yang melayani tamu relatif sedikit karena sebagian besar karyawan beragama Hindu. Berikut tips penting staycation nyaman selama Nyepi di Bali.

1. Patuhi aturan hotel

Pecalang atau petugas pengaman desa adat menjadi satu-satunya pihak yang boleh berkeliling ke seluruh tempat ketika Nyepi, itu pun untuk patroli. Oleh sebabnya, jangan sekali pun keluar dari kompleks hotel tempat kamu menginap

Pecalang memastikan Catur Brata Nyepi berlangsung tertib tanpa gangguan eksternal. Bagi kamu yang melanggar, siap-siap mendapat teguran dan sanksi adat.

2. Bawa uang tunai

Jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) seluruh Bali biasanya dinonaktifkan. Kamu sebaiknya menyiapkan uang tunai untuk bertransaksi di hotel, misalnya membayar makan siang dan makan malam.

3. Siapkan makanan ringan

Seluruh aktivitas jual beli, termasuk toko-toko yang menjual makanan tutup selama Nyepi. Karyawan yang bertugas di hotel pun jumlahnya terbatas. Kamu harus sabar menunggu jika makanan yang dipesan datang sedikit lama.

Kamu sebaiknya membeli minuman, makanan ringan, atau makanan cepat saji untuk dibawa ke hotel. Syukurlah Astana Kunti menyediakan kulkas mini, sehingga makanan-makanan tersebut bisa disimpan dan tidak cepat basi.

4. Sedia obat-obatan standar

Siapkan obat-obatan standar untuk dibawa ke kamar hotel, seperti obat sakit kepala, obat demam, obat flu batuk, dan obat luka. Saya tak ketinggalan membawa obat-obatan standar untuk bayi.

Semua apotek dipastikan tutup. Rumah sakit tetap buka 24 jam, namun kamu akan kewalahan karena akses menuju rumah sakit sangat sulit.

5. Tidak ada signal ponsel dan internet

Koneksi internet di Bali selama Nyepi diputus. Nyepi adalah puncak efisiensi energi di Pulau Bali. Setidaknya pemakaian listrik turun hingga 40 persen dibanding hari biasa pada saat Nyepi.

Tiada pemandangan terindah di malam Nyepi selain langit bertabur bintang. Ini bisa kamu saksikan dari luar kamar, tepatnya di samping kolam renang yang pemandangannya terbuka.

Langit Bali bersih tanpa polisi. Udara pun segar dan sehat sebab 24 jam bebas dari asap kendaraan.

Kurang lebih 12 jam sebelum Nyepi, kamu bisa menyaksikan ritual malam pangerupukan. Pada malam ini ratusan ogoh-ogoh diarak pemuda-pemudi Bali, kemudian dibakar.

Staf OYO Hotels melayani sepenuh hati (Foto: OYO Hotels)

Selain pengalaman mengesankan menginap di OYO Hotels, Nyepi juga momen sekali setahun dan satu-satunya di dunia. Download aplikasi OYO dan dapatkan penawaran terbaik di sana. Selamat liburan 😉