6 Rekomendasi Baju Menyusui untuk Emak Berhijab

BUNDALOGY — Wanita Muslimah, khususnya emak-emak berhijab pasti ingin aktivitas meng-ASI-hi lancar di mana saja dan kapan saja. Saya pribadi ingin tetap nyaman dan antiribet saat menyusui si kembar.

Saya juga malas membawa celemek atau slaber menyusui saat bepergian ke luar rumah. Ayo, bunda yang setipe sama saya, cung! 😀

Dulu waktu masih punya anak satu, rasanya risih jika tak membawa slaber saat menyusui di tempat umum. Suami pun kritis sekali soal satu ini.

Tapi ya bagaimana? Namanya juga ingin optimal memberi ASI, sekaligus tak ingin seperti katak dalam tempurung yang diam terus di rumah. Emak sesekali butuh liburan kan?

Tak selamanya ruang publik menyediakan nursing room atau tempat khusus untuk ibu menyusui. Indonesia belum seramah itu untuk kita, bunda. Pusat perbelanjaan, mall, hotel, bahkan rumah sakit saja belum semuanya punya.

Saya mengapresiasi beberapa pihak yang sudah menyediakan ruang cukup luas dan nyaman untuk ibu menyusui, lengkap dengan fasilitas penunjang, seperti tisu kering, tisu basah, kasur untuk ganti popok, sofa yang empuk, bahkan sterilizer untuk botol dot. Semoga ini menjadi kesadaran kita bersama.

Model Baju Ibu Menyusui

Salah satu item yang sangat membantu ibu menyusui adalah baju menyusui. Saat ini banyak sekali brand memproduksi baju menyusui dengan berbagai tipe, warna, dan ukuran.

Sebelum mulai online shopping, yuk kita cari tahu model-model baju ibu menyusui yang modis dan berkembang saat ini.

Pertama, side opening. Ini adalah model populer dan paling banyak saya koleksi selama menyusui tiga bayi. Celah menyusui berbentuk vertikal mudah diakses di kanan kiri, mengikuti bentuk payudara.

Kedua, pull aside. Model ini sering ditemui pada bahan baju kaos dan spandex. Ada celah di bagian payudara yang bisa ditarik ke atas dan ke bawah.

Ketiga, side zipper. Model ini mirip side opening, namun penutupnya berupa zipper atau restleting. Bunda tak perlu takut apakah bukaan baju bunda sudah menutup sempurna atau belum.

Keempat, middle parting. Celah menyusui pada baju model ini ada di tengah, dan biasanya dilengkapi zipper atau kancing. Ini mirip dengan beberapa model baju pada umumnya.

Kelima, empire. Ciri khas model ini adalah terdapat layer di bagian dada. Layer ini untuk menyembunyikan bagian celah menyusui. Model ini cocok untuk emak-emak hijabers yang ingin tampil feminim.

Baju Menyusui untuk Hijabers

Halal Life Center mencatat 10 sektor menjanjikan dari industri halal di Indonesia, salah satunya fesyen Muslim. Tren fesyen Muslim Indonesia semakin banyak dilirik dunia, khususnya negara ASEAN dan Timur Tengah.

Pasar untuk kebutuhan gaya hidup Muslim sangat menarik. State of the Global Islamic Economy Report mencatat konsumen Muslim menghabiskan setidaknya 243 miliar dolar AS untuk berbelanja pakaian sepanjang 2015.

Persentasenya diperkirakan meningkat menjadi 268 miliar dolar AS pada 2021. Angkanya fantastis ya mak, sampai bingung mengonversinya ke rupiah karena banyak nol-nya. Hahaha.

Baju Muslim, tak terkecuali baju menyusui untuk Muslimah salah satu item paling banyak dicari. Harganya beragam, dan rata-rata terjangkau selama produknya buatan dalam negeri loh, bukan impor.

Bunda hanya perlu berselancar di Instagram, Facebook, dan situs belanja online lainnya. Malas? Gak ada waktu buat searching sana sini? Jika demikian izinkan saya merekomendasikan tujuh online shop yang menjual produk baju busui modis agar bunda tetap tampil kece. Siapin jempolnya buat scroll ya.

1. I Like This Shop With Love

Meski tidak spesifik menjual baju ibu menyusui, I Like This Shop With Love menyediakan banyak model baju ibu menyusui terbaru dan kekinian. Cocok untuk emak-emak milenial dengan tingkat mobilitas tinggi, namun ingin tampil santai dengan baju berbahan kaos.

Harga produknya relatif terjangkau, rata-rata di bawah Rp 200 ribu.

2. Sofeya

Baju menyusui dari brand Sofeya umumnya berupa gamis syari. Variasi warnanya didominasi warna-warna pastel dan cerah, cocok untuk emak-emak milenial yang ingin tampil cantik dan paripurna. Harga produknya rata-rata di bawah Rp 300 ribu.

3. Nuratina

Nuratina memiliki koleksi baju menyusui yang nyaman dan praktis, bisa untuk santai di rumah, traveling, bahkan pakaian ke kantor.

Brand yang berasal dari Kota Nganjuk, Jawa Timur ini menjadi salah satu favorit di Instagram. Harga produknya rata-rata Rp 135-250 ribu.

4. Tazka Shop

Tazka adalah brand asal Kota Kembang, Bandung. Baju-bajunya sangat wanita dan syari, cocok dipakai ibu-ibu yang ingin tampil feminim.

Kisaran harga baju termurah Rp 45-85 ribu, sementara lainnya Rp 115-170 ribu.

5. Momoty

Momoty adalah brand baju ibu menyusui dengan karakter gambar unik, terkesan lucu. Desainnya ceria, dengan harapan membawa keceriaan bagi bunda yang memakainya.

Brand yang berasal dari Surakarta, Solo ini menyediakan baju menyusui dengan kisaran harga rata-rata Rp 165-250 ribu.

6. Nuna

Nuna adalah online shop asal Jakarta dengan jumlah pengikut mencapai 398 ribu followers di Instagram. Koleksi baju menyusuinya cukup banyak, bisa dipakai bunda yang ingin tampil feminim sekaligus sporty. Harganya rata-rata di bawah Rp 200 ribu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.