Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur Gak Pakai Ribet

Gimana sih cara menghilangkan bau pesing di kasur? Kita semua tahu cara terbaik supaya terhindar dari kekacauan ini adalah pakai pelindung kasur anti-air atau anti-ompol. Ehem, belum punya atau belum sempat beli ya?

Pelindung kasur anti-air atau anti-ompol memang efektif mencegah bau pesing. Namun, kalo kita belum punya, ya jangan panik dulu.

Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur Paling Mudah

Ibu-ibu di rumah mungkin punya balita yang pas tidur popoknya suka bocor, hewan peliharaan (kucing dan anjing), atau orang tua lansia yang seharian cuma berbaring di kasur pasti pernah mengalami problem ini. Kadang kita bingung, atau nanya sana sini, bagaimana cara menghilangkan bau pesing di kasur?

Kalo urin yang menempel masih segar, masih baru nih, berikut tips sederhana cara menghilangkan bau pesing di kasur.

  • Lepaskan alas kasur dan semua sarung bantal yang terkenal ompol.
  • Siapkan masing-masingnya setengah botol air dan setengah botol cuka. Campurkan.
  • Ambil tisu, kanebo, atau handuk yang gampang menyerap cairan, kemudian tempelkan di permukaan kasur, sedikit ditekan, angkat, kemudian peras. Ulangi beberapa kali. Ingat, jangan digosokin ya karena itu berisiko mendorong urin lebih jauh meresap ke bagian dalam kasur, dan bau pesing pun semakin sulit dihilangkan.
  • Ambil larutan air dan cuka yang sudah disiapkan tadi, kemudian semprotkan ke area yang terkena ompol. Sebaiknya pakai botol atau wadah spray ya, bukan dituang, untuk menghindari kelebihan cairan.
  • Keringkan kelebihan cairan dengan tisu, kanebo, atau handuk yang menyerap.
  • Tutupi area yang sudah disemprot dengan baking soda atau soda kue.
  • Biarkan selama 8-10 jam. Semakin lama semakin baik.
  • Vakum area yang sudah diberi baking soda. Jika masih ada noda atau bau pesing tertinggal, ulangi prosesnya sampai semua kembali seperti semula.

Gimana kalo urinnya udah nempel lama, misalnya beberapa hari lalu, dan kita lupa membersihkan, cuma membiarkannya kering alami? Biasanya ada bekas noda berwarna kuning pucat.

cara menghilangkan bau pesing di kasur

Berikut tips sederhana cara menghilangkan bau pesing di kasur yang nodanya menempel udah cukup lama.

  • Siapkan botol semprot, hidrogen peroksida, soda kue atau baking soda, deterjen cair, penyedot debu (vakum cleaner).
  • Campurkan secangkir hidrogen peroksida bersama 3 sdm baking soda, dan 2-3 tetes deterjen cair. Larutkan dengan cara diputar, bukan dikocok, karena akan menghasilkan busa yang mengganggu.
  • Semprotkan cairan tadi dalam jumlah banyak ke atas kasur yang bernoda. Pastikan semua bagian merata.
  • Diamkan sampai kering, nanti bakal kelihatan lapisan sisa baking soda.
  • Vakum residu dengan penyedot debu.
  • Sekiranya noda masih kelihatan, atau bau urin masih ada, ulangi prosesnya sampai benar-benar hilang.

Oya, deterjen cair bisa diganti sabun cuci piring. Baking soda atau soda kue bisa diganti atau dikombinasi dengan boraks. Larutan ini bekerja optimal untuk urin manusia, atau uring hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing. Ini karena semua urin mamalia terdiri dari kristal-kristal asam urat.

Boraks adalah agen antibakteri dan sangat efektif, sekaligus berbahaya jika terhirup atau tertelan. So, kalo pakai boraks, usahakan lebih hati-hati ya.

Soda kue mungkin gak seefektif boraks atau produk berbasis boraks. Namun, ini adalah pilihan termurah dan tidak beracun.

Soda kue adalah pemakan bau yang hebat, bisa menghilangkan bau pesing juga bau dari lemari es. Urin kan mengandung pH tinggi dan secara alami bersifat asam. Soda kue atau baking soda adalah kebalikannya, pH sangat rendah sehingga bisa menetralisir bau urin.

Hidrogen peroksida adalah disinfektan ringan sekaligus berfungsi sebagai pemutih. Dijual bebas kok di toko obat. Hidrogen peroksida bisa menghilangkan bau urin tanpa merusak permukaan kasur.

Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur Pakai Pembersih Enzimatik

Kandungan ammonia pada urin bisa lebih banyak, sehingga bau yang ditinggalkan lebih kuat.

Urin hewan peliharaan biasanya lebih berbau dibanding urin manusia. Urin hewan terdiri dari bahan kimia berbeda, cenderung lebih pekat, dan mengandung unsur tambahan, seperti karbohidrat dan asam lemak.

Beberapa hewan peliharaan, seperti kucing suka kembali buang air kecil di tempat sama. Jadi, kalo semisal si meong udah pernah pipis di kasur kita, dia gak bakal ragu mengulangi hal sama di kesempatan berikutnya.

Ini memang cara hewan menandai area jelajah (home range) dan wilayah kekuasaannya. Jadi, harap maklum aja.

FYI, amonia menyisakan aroma menyengat yang gak enak dan udah pasti mengganggu tidur. Siapa sih yang bisa tidur semalaman sama bau pesing? Nah, kita bisa menggunakan pembersih enzimatik untuk memerangi bau tersebut.

Pembersih enzimatik mengandung enzim yang disebut protease dan bakteri baik. Enzim protease bisa memecah noda berbasis protein, seperti urin.

Cairan urin dipecah menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian dicerna bakteri secara alami. Setelah bakteri menyerap partikel-partikel urin tadi, mereka kemudian berubah menjadi karbon dioksida dan uap air.

Pembersih enzimatik cara menghilangkan bau pesing di kasur yang paling efektif. Saya gak berani sebut merek ya, karena ini bukan postingan endorse. Namun, pembersih enzimatik ini dijual banyak kok di toko-toko, seperti mini market, swalayan, dan toko khusus untuk hewan peliharaan.

Beberapa pertanyaan berikut mungkin muncul di kepala kita terkait cara menghilangkan bau pesing di kasur. Semoga membantu ya.

Pembersih enzimatik itu aman gak sih?

Kebanyakan pembersih enzimatik gak mengandung bahan kimia beracun kok. So, aman ya. Namun, sebaiknya sebelum membeli kita baca dulu komposisi yang tertera pada label.

Pasalnya beberapa merek mungkin saja menambahkan oksidator yang gak alami, atau zat penghilang noda untuk meningkatkan kerja cairan pembersih. Pilihan ada di tangan kita.

Urin di kasur bisa menyebabkan jamur?

Urin biasanya meninggalkan garam. Ini salah satu komponen dalam asam urat.

Saat kita berkeringat di malam hari, atau kita tinggal di daerah yang sering hujan, di Bogor misalnya, garam ini akan terus memicu kelembaban. Ketika kasur terlalu lembab, jelas, kasur berubah menjadi tempat berkembang biak jamur penyebab bakteri.

Berapa lama urin di kasur bisa kering?

Urin di kasur bisa kering dalam waktu dua hingga empat jam. Namun, kasur setidaknya membutuhkan 8-10 jam untuk benar-benar kering setelah dibersihkan dengan larutan pembersih atau pembersih enzimatik.

Udah coba segala cara, noda dan bau di kasur tetap bawel? Udah dibersihin berkali-kali tetap aja gak bisa? Cara menghilangkan bau pesing di kasur berikutnya ya panggil pembersih profesional, atau sekalian aja ganti kasurnya. Hehehe.

cara menghilangkan bau pesing di kasur

Kasur yang bersih adalah kasur yang sehat. Setelah kita berhasil menerapkan cara menghilangkan bau pesing di kasur, jangan lupa rapikan kasurnya kembali. Ganti alasnya dengan yang baru dan wangi.

Pertimbangkan menggunakan pelindung kasur untuk melindungi kasur dari kotoran, tumpahan, dan noda. Sayang banget kan, udah beli kasur mahal-mahal, tapi tidur kita gak sehat.

11 thoughts

  1. Teringat yuni dulu dengar cerita bahwa ada teman yuni yang mengompol ketika dia sudah duduk di bangku SMP. Ternyata ada ya yang begitu. Hehehe

    Like

    1. Benar mba. Saya juga punya tetangga perempuan yang sudah SMA masih juga sesekali ngompol. Itu tidak disadari. Hehehe

      Like

  2. Kapan hari kucingku pipis di sofa ๐Ÿ˜ฆ
    Aku blm tau metode ini, mbaa

    jadinya ya aku bersihin manual pakai lysol/wipol, trus gotong2 sofa itu biar kena matahari rungkut yg panasnya Alhamdulillaaahhh ๐Ÿ˜€

    Auto hengkang pesingnya ๐Ÿ˜€

    Like

  3. Waktu masih pelihara kucing, bau kencingnya memang masalah banget. Bukan di sofa sih, karena sofaku model kulit, bukan kain. Tapi di keset haha. Untunglah keset luar. Tapi kami memang ga bawa kucing masuk rumah. Dulu waktu anak-anak masih baby, tidurnya pakai alas anti air, baru dilapis kain lembut, jadi kalau ngompol tinggal cuci kain dan perlak anti airnya. Kayaknya malah lebih ribet jika bersiin bau pakai macam2 cairan ๐Ÿ˜€

    Like

  4. wah sayang teelat baca
    Anak saya yang dulu rajin ngompol, sekarang udah lulus S3 …. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    Untuk anaknya kelak ya?
    Siap siap kalo tukang ngompol juga ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    Like

  5. Tips ini memang efektif banget buat orang-rang yang rajin dan sabar dalam proses. Duh, kalau saya kayaknya auto nyerah beli alas sprei anti air. Mbak Muthe keren nih, bisa nemu tips begini. Btw, ini efektif dipraktekkan di kasur busa atau kasur kapuk juga sama ya, Mbak? Kayaknya pus meong beberapa kali bobo di kasur kapuk gitu. Belum pernah ngompol, sih. Jaga-jaga aja sebelum dia ngompol, hahaha …

    Like

  6. Alhamdulillah masa-masa bau pesing di kasur udah terlewati. Dulu biasanya saya jemur aja di bawah terik matahari, butuh waktu 1-2 hari baru bau pesingnya ilang. Ternyata ada cara yang lebih cepet dan nggak cuma mengandalkan sinar matahari

    Like

  7. Wah setuju nih dengan artikel di atas, suka bacanya. Amoniak itu adalah salah satu produk buangan dari sistem ekskresi manusia yang dibuangnya lewat Urine. Amoniak yang bikin bau pesing pada urine hewan termasuk pada manusia.

    Sehingga betul bahwa untuk menghilangkan bau pesingnya harus pakai produk enzimatik. Protease adalah enzim pemecah protein menjadi asam-asam amino, mungkin juga memecah komponen senyawa N di dalam ikatan kimia amoniak ya? sehingga bisa jadi netral kembali. Makasih kak infonya.

    Like

  8. Wah trims kak tipsnya super duper keren nih, complete bangets. Jadi tahu nih gimana caranya membuang aroma pesing pada kasur/sofa..

    Like

Leave a Reply to aisyahdianbpn Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.