Pentingnya Anak Laki-Laki Berteman Sejak TK

Pertemanan dapat meningkatkan keterampilan sosial anak laki-laki sejak usia dini atau taman kanak-kanak. Pertemanan bahkan melindungi mereka dari perilaku bermasalah di jenjang pendidikan berikutnya.

Peneliti di Universitas Illinois menyatakan pertemanan menawarkan banyak manfaat sosial, mulai dari anak belajar berbagi, mengantre, bekerja sama, bahkan menyelesaikan selisih paham.

pertemanan
Anak laki-laki perlu berteman sejak dini (Foto: Goodfon)

Bentuk-bentuk pertemanan di atas penting bagi seluruh gender, namun paling penting bagi anak laki-laki. Peneliti meriset sekelompok anak dari TK hingga kelas tiga sekolah dasar (SD).

Hasil menunjukkan anak laki-laki yang tidak berteman dekat atau tidak mempunyai sahabat di jenjang TK menunjukkan perilaku bermasalah. Anak perempuan secara keseluruhan memiliki keterampilan sosial lebih baik dari anak laki-laki tanpa memandang kualitas pertemanan.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Jurnal Infant and Child Development. Hubungan pertemanan semakin penting seiring pertumbuhan usia anak laki-laki.

Mereka bergaul dengan orang lain, menyelesaikan konflik, dan menikmati kebersamaan satu sama lain. Segala pengalaman ini menjadi pondasi dasar hubungan positif di kemudian hari.

Supaya Anak Punya Banyak Teman

Bagaimana mendorong anak yang masih TK membentuk pertemanan atau persahabatan berkualitas?

1. Mulai dari rumah

Orang tua adalah guru pertama paling berpengaruh bagi anak. Saat anak memodelkan interaksi positif dengan orang tuanya kepada orang lain, mereka belajar cara memperlakukan orang lain dengan baik, penuh rasa hormat, dan belas kasih.

2. Undang temannya ke rumah

Saat anak tumbuh, dia cenderung memilih pertemanan. Bunda bisa mengundang beberapa anak di luar untuk datang ke rumah. Berusahalah membantu anak mengembangkan persahabatan di rumah, misalnya dengan bermain bersama mereka.

3. Dampingi anak

Bunda hendaknya tetap mendampingi anak saat bermain bersama temannya. Bunda bisa menawarkan solusi jika terjadi konflik antara keduanya secara damai dan efektif.

4. Bimbingan profesional

Jika sekiranya bunda terlalu cemas karena anak tak kunjung bisa berteman, carilah bimbingan profesional untuk berkonsultasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.